Berkualitas Supermarket, Alpukat AWE Juarai Festival Buah Nusantara

Berkualitas Supermarket, Alpukat AWE Juarai Festival Buah Nusantara

TUNJUKKAN - Juara 1 kontes alpukat, Eko dan Juara 1 Kontes durian, Yanu saat menunjukkan buah unggulan mereka. -Novia Rochmawati-

*Siap Tembus Pasar Supermarket

 

BATANG - Festival Buah Nusantara Batang tak hanya menyuguhkan aneka buah unggulan dari Kabupaten Batang. Pada kesempatan ini juga turut dihadirkan kontes durian dan alpukat unggulan. Di mana untuk alpukat unggulan berhasil diraih oleh alpukat Wonotungal Enak (alpukat AWE) dari Wonotunggal. 

 

Menurut penilaian juri, Alpukat yang dikembangkan oleh Eko Arif Wijayanto ini punya cita rasa standar supermarket. Dimana cita rasanya seimbang, antara manis dan gurihnya. 

 

"Alpukat ini mempunyai kandungan manisnya mencapai 15,9 sampai 17 persen setelah dilakukan tes pendeteksi rasa oleh dewan juri. Jadi kurang lebih kandungan manisnya seperti buah melon,” katanya saat ditemui di halaman Pendopo, Kabupaten Batang, Kamis (23/2/2023).

 

Tak hanya itu, Alpukat ini juga punya ciri dari bentuknya yang bulat sempurna. Selain itu satu buahnya hanya berukuran di kisaran 200 gram. Sehingga cocok menjadi komoditas yang siap dipasarkan di Supermarket. 

 

"Alpukat ini panennya tidak mengenal musim. Jadi kalau dikembangkan bisa dipanen setiap saat, secara bergantian. Dan alpukat ini juga cocok untuk ditanam di daerah dataran rendah. Dan dalam setahun bisa dipanen sekitar 50 kilogram," imbuh Eko. 

 

Pembibitannya ke depan bekerjasama dengan Perhimpunan Penyuluhan Pertanian Indonesia (Perhiptani) Batang agar yang mengurusi orang lokal saja. "Meskipun kami mendapatkan fasilitas bantuan sertifikat dari Pertanian Jawa Tengah,” pungkasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: