Kirab Merah Putih jadi Wujud Harmoni Kelompok Masyarakat Batang

Kirab Merah Putih jadi Wujud Harmoni Kelompok Masyarakat Batang

MERIAHKAN - Masyarakat sekitar tumpah ruah memeriahkan event Kirab Bendera Merah Putih yang diikuti oleh 65 peserta dari lintas kelompok-Novia Rochmawati-

BATANG - Bendera Merah Putih raksasa dengan panjang 650 membentang di ruas utama Batang Kota, Minggu (26/2/2023). Arak-arakan kirab bendera merah putih sepanjang 2,5 kilometer ini menjadi wadah harmoni bersatunya kelompok-kelompok yang ada di Batang. 

 

Mulai dari Guru-guru PGRI, Himpaudi, DKD Batang, Pelajar SMP-SMA Sederajat, KONI, Ormas Kepemudaan, dan bahkan penghayat aliran kepercayaan dan lainnya ikut andil dalam Kirab ini.

 

"Jumlah pesertanya ini mencapai 7.000 ribuan yang tercatat, tapi mungkin lebih dari itu," kata Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki di Astana Pasekaran Batang di sela kirab. 

 

Sontak, kirab ini pun menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat setempat. Tak hanya menyaksikan keharmonisan antar kelompok, kirab ini juga menyuguhkan atraksi yang menarik bagi warga. Kirab sendiri dimulai dari Jalan veteran- Jl P Diponegoro - Jl Ahmad Yani- Jl Pemuda - Gang masuk Astana Pasekaran dan finish di Makam Astana Pasekaran. 

 

Lani menyebut, selain untuk memperingati Haul Kiai Hasan Surgi Jatikusumo, kirab ini uga rangkaian HUT Kabupaten Batang ke-57. 

 

"Tujuan kirab merah putih adalah membangkitkan semangat kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan," pungkas Lani. 

 

Ketua PGRI Kabupaten Batang, M Arief Rohman menyebut, PGRI mengerahkan ribuan guru untuk memeriahkan kegiatan ini. Dimana seluruh guru mulai dari SD hingga SMP, ikut berjalan kaki dalam kirab merah putih. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: