P5, Hasilkan Bibit Wirausaha Muda

P5, Hasilkan Bibit Wirausaha Muda

DOK - Kegiatan doa bersama dalam syukuran SMPN 12 Pekalongan.-Malekha-

 

KOTA - Sikap kreatif, inovatif, mandiri, leadership, pandai mengelola uang, dan memiliki jiwa pantang menyerah merupakan karakteristik profil pelajar pancasila yang dapat diwujudkan melalui kegiatan wirausaha. Oleh sebab itu, peserta didik didorong menghasilkan suatu produk untuk ditampilkan dalam kegiatan gelar karya projek.

 

Berada di daerah pesisir Kota Pekalongan, peserta didik SMPN 12 setempat menyuguhkan produk olahan ikan diantaranya pempek, siomay dan bakso dalam kegiatan projek.

 

Kepala SMPN 12 Pekalongan Ani Yuniati menuturkan bahwa ia memberikan apresiasi karya peserta didik, karena sangatlah tepat memilih ikan sebagai bahan baku produk mengingat wilayah utara merupakan penghasil ikan.

 

Tak hanya produk olahan ikan, minuman kekinian jelly cendol dan nugget ayam juga disajikan.

 

“Setelah saya cicipi, berbagai olahan ikan ini semuanya sangat enak dan layak untuk dipasarkan dan menurut saya termasuk jajan sehat juga mendorong generasi muda gemar makan ikan,” terangnya.

 

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, mengasah bakat dan melatih berwirausaha sejak dini perlu dilakukan, mengingat berbagai tantangan ekonomi yang dihadapi masa datang tentunya akan semakin besar. Selain melalui implementasi pendidikan kewirausahaan pada kegiatan pembelajaran di sekolah, lingkungan keluarga juga diajak mengajarkan hal tersebut.

 

"Kami akan terus berupaya untuk mengembangkan jiwa dan ilmu kewirausahaan dengan tidak hanya memproduksi tetapi juga diajarkan bagaimana cara memasarkan dengan memanfaatkan media online," pungkasnya. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: