Jabatan Sekda Kota Pekalongan Kosong

Jabatan Sekda Kota Pekalongan Kosong

*) 93 ASN Dirotasi

KOTA - Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekalongan saat ini kosong. Ini setelah pejabat Sekda sebelumnya, Sri Ruminingsih, dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kota Pekalongan.

Pelantikan Ruminingsih sebagai Staf Ahli ini dilakukan dalam satu rangkaian pelantikan 93 pejabat tingkat Eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemkot Pekalongan pada Jumat (30/11/2022) malam.

Acara digelar di Ruang Jlamprang, Setda Kota Pekalongan, dipimpin oleh Wali Kota HA Afzan Arslan Djunaid.

Usai acara pelantikan, Aaf, sapaan arkab Wali Kota Afzan, mengatakan bahwa kekosongan jabatan Sekda akan segera diisi melalui seleksi yang akan dilaksanakan pada Januari 2023 mendatang.

"Untuk jabatan Sekda Kota Pekalongan akan segera kita lakukan seleksi segera di awal Tahun 2023 nanti," kata Aaf.

Proses seleksi diperkirakan memakan waktu selama 2 sampai 3 bulan. Sehingga, untuk mengisi kekosongan, Wali Kota akan menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Sekda terlebih dahulu.

Sedangkan kriteria yang diharapkan untuk mengisi jabatan Sekda nantinya, ungkap Aaf, diantaranya sesuai aturan harus eselon II, minimal sudah pernah menjabat di dua dinas, dan sudah mengikuti Diklatpim III.

Menurut Walikota Aaf, di lingkup Pemerintah Kota Pekalongan saat ini ada sekitar 12 atau 14 nama pejabat yang bisa mengikuti seleksi jabatan Sekda.

Dari proses sekeksi oleh tim assesment, nantinya akan diambil 3 Terbaik. Dari tiga orang terbaik itulah, nantinya akan dipilih satu orang terbaik untuk dipilih sebagai Sekda.

Kepala Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekalongan, Anita Heru Kusumorini, mengungkapkan bahwa pejabat di luar lingkup daerah Kota Pekalongan diperbolehkan ikut seleksi Sekda Kota Pekalongan yang baru. Tentunya, selama yang bersangkutan memenuhi kriteria dan kualifikasi yang dipersyaratkan.

"Kalau sudah dipilih maka langsung dilantik Sekdanya. Kapan proses seleksinya, kami masih menunggup persetujuan dari gubernur, dan pejabat sekda lama pun akan berkonsultasi dengan pak wali kota, kira-kira kapan siap melaksanakan seleksi terbuka untuk jabatan sekda yang baru itu," imbuh Anita. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: