Pemkab-Kejari Terus Dorong BUMDes Kuat dan Mandiri

Pemkab-Kejari Terus Dorong BUMDes Kuat dan Mandiri

ARAHAN - Bupati Dico M Ganinduto memberikan arahan kepada peserta sosialisasi Urgensi Pemberdayaan BUMDes, Rabu (8/3/2023). -red/sef-

KENDAL - Pemkab Kendal terus bersinergi dan kolaborasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendal untuk menggerakkan BUMDes agar semakin kuat kelembagaannya serta mandiri. Terlebih, kehadiran BUMDes diharapkan bisa membantu mengatasi kemiskinan di masing-masing desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Hal itu disampikan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, saat membuka kegiatan sosialisasi Urgensi Pemberdayaan BUMDes, Rabu (8/3/2023). Kegiatan ini mengangkat pokok bahasan "BumDes Sebagai penggerak perekonomian untuk mendukung prioritas pembangunan Nasional di Kabupaten Kendal".

 

Acara juga diikuti seluruh Kepala Desa, Direktur BumDes, dan menghadirkan narasumber Kejaksaan Negeri Kendal Kadis DPMD Ciamis untuk dapat menggali ilmu terkait pengembangan BumDes.

 

 

“BUMDes ini tentu sangat penting dalam rangka mendukung dan mewujudkan program pemerintah dalam mengatasi kemiskinan dan mengangkat taraf ekonomi masyarakat desa. BUMDes ini tentunya dapat mengangkat potensi desa sehingga kedepan mampu memberikan Pendapatan Asli Desa (PADes),” ungkap Bupati Dico.

 

"Pemkab bersama Kejari Kendal berupaya membantu mendorong BUMDes di setiap desa mampu mandiri, sehingga kedepan seluruh Desa yang telah berhasil mandiri bisa tertib administrasi," ujar Bupati.

 

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kendal, Yanuar Fatoni menyampaikan, jika pemerintah telah menyusun rancangan Peraturan Bupati terkait dengan bantuan keuangan khusus untuk ketahanan masyarakat yang fokus pada pengembangan BUMDes.

 

Yanuar juga mengungkapkan adanya bantuan kepada Desa terkait BUMDes akan berbeda sesuai dengan adanya kategori desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: