Delapan Desa di Batang Miliki Potensi Gempa

Delapan Desa di Batang Miliki Potensi Gempa

UPDATE INFORMASI - Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Batang, Suryanto saat melihat informasi update gempa di layar tv yang ada di Kantor BPBD, Jumat (10/3/2023).-Dhia Thufail-

BATANG - Delapan desa di Kabupaten Batang berpotensi terjadi bencana gempa. Hal itu diungkapkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Tengah.

 

Berdasarkan data yang dirilis BMKG Jateng, Kabupaten Batang menjadi satu daerah yang dilewati oleh Patahan Weleri, sehingga memiliki potensi gempa.

 

Adapun berdasarkan peta kegempaan, Patahan Weleri itu akan melewati 8 desa di Batang, yakni Desa Lebo, Desa Krengseng, Desa Sidorejo, Desa Sawangan, Desa Ketanggan, Desa Kedawung, Desa Kuripan dan Desa Gondang.

 

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Batang, Suryanto mengatakan, bahwa potensi gempa pada Patahan Weleri itu masih dalam rata-rata yang lebih kecil, dan pelan jika dibanding sejumlah wilayah lain di Jateng.

 

“Ya, BMKG Jateng menemukan ada Patahan Weleri dan sesar kendeng melewati 8 desa itu,” kata Suryanto, Jumat (10/3/2023).

 

Dikatakan Suryanto, peta itu dirilis BMKG Jateng pada 2018 dengan agenda pembangunan sensor gempa di Desa Ketanggan. "Panjang Patahan Weleri sekitar 19 kilometer yang terdiri dari lautan dan daratan di sepanjang pantai Kabupaten Batang," katanya.

 

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar tidak perlu panik, dengan sejak dini mempersiapkan diri. Seperti mempertimbangkan bangunan tahan gempa, mitigasi, dan apa saja yang harus dilakukan saat sebelum dan sesudah gempa, serta jalur-jalur evakuasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: