27 Kelompok Meriahkan Festival Tari Batik Gringsingan

27 Kelompok Meriahkan Festival Tari Batik Gringsingan

TARI - Pelajar SD/MI saat mengikuti Festival Tari Gringsingan, Minggu (12/3/2023)-Novia Rochmawati-

BATANG - Sebanyak 27 Kelompok dari SD/MI sederajat di Batang mengikuti festival Tari Batik Gringsingan, Minggu (12/3/2023) di Pendopo Kabupaten Batang. festival dalam rangka HUT Batang ke-57 ini menjadi sarana untuk melestarikan kebudayaan Batang, salah satunya Tari simo dan Batik Gringsingan. 

 

"Jadi untuk memperingati HUT ini kami gelar Festival selama dua hari. Dimana untuk hari ini untuk Festival Tari Gringsingan. Dan untuk besok Festival Tari Simo Gringsingan," ujar Kabid Kebudayaan Disdikbud Batang, Affy Koesmoyorini saat diwawancarai di sela kegiatan. 

 

Dalam festival kali ini dipilih juara 1-3 dan juara harapan 1-3. Semua juara berhak mendapatkan piala dan piagam, hanya saja untuk juara 1-3 akan mendapatkan uang pembinaan. 

 

Selain itu, pihaknya berharap nantinya para juara ini bisa tampil lagi sebagai perwakilan Batang. Salah satunya dalam event HUT Jateng pada 15 Agustus mendatang. 

 

"Rencananya yang juara nanti juga akan kami usulkan untuk bisa tampil memeriahkan HUT Jateng Agustus nanti. Tapi masih sebatas rencana, semoga nanti bisa kami realisasikan. Kami berharap nanti bisa menampilkan 100 penari Gringsingan," harapnya. (nov)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: