Duh, Masih Banyak Jajanan Sekolah Berbahaya

 Duh, Masih Banyak Jajanan Sekolah Berbahaya

PEMBINAAN - Disdikbud Batang saat menggelar pembinaan untuk pelaksanaan UKS bagi SMP sederajat di Batang. -Novia Rochmawati-

*Sekolah Diminta Hadirkan Kantin Sehat 

 

BATANG - Dinkes Batang mengimbau agar sekolah bisa menyediakan jajanan sehat untuk anak. Oleh karenanya, sekolah diminta turut memfasilitasi anak dengan adanya kantin sehat. 

 

Hal ini seperti disampaikan pemateri dari Dinkes Batang, Isnaeni dalam kegiatan pembinaan Tim Pelaksana UKS SMP yang diberikan Disdikbud Batang, Rabu (15/3/2023). 

 

"Saat ini banyak jajanan sekolah yang mempunyai kandungan zat kimia. Seperti rhodamin B pada arum manis, selai, agar-agar. Kemudian boraks dan formalin yang biasanya ditemukan di makanan mie, bakso dan lainnya," ujarnya. 

 

Oleh karenanya, diharapkan sekolah memiliki kantin sehat. Di mana jajanan yang dihadirkan punya kandungan yang sehat dan bergizi. Kantin sehat diharapkan jauh dari sumber pencemaran, memiliki sumber air bersih, dan sarana prasarana lainnya. "Dan yang terpenting jajanannya terbebas dari cemaran fisik, kimia dan biologi," imbuhnya. 

 

Sekretaris Disdikbud Batang, Budiono mengatakan, adanya edukasi UKS dan Kantin Sehat ini jadi sarana untuk mendukung Sekolah Ramah Anak. Di mana diharapkan anak mendapatkan kenyamanan dan keamanan pangan ketika berada di lingkungan sekolah. 

 

"Itu salah satu cara kami untuk mendukung sekolah ramah anak, adalah dengan pembinaan UKS. Dimana nanti anak turut mendapatkan kenyamanan dan keamanan sekolah, salah satunya dengan hadirnya jajanan sehat," pungkasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: