Manfaatkan Waktu Puasa, Masyarakat Pilih Ngabuburit di Perpustakaan

Manfaatkan Waktu Puasa, Masyarakat Pilih Ngabuburit di Perpustakaan

BELAJAR - Salah satu masyarakat Batang saat memanfaatkan layanan Grha Pustaloka Disperpuska Batang.-Novia Rochmawati-


--

 

BATANG - Momen Ramadan ini dimanfaatkan Arvia (33) untuk menghabiskan waktu bersama dua anaknya di perpustakaan. Di perpustakaan Daerah Grha Pustaloka Batang ini, kedua putrinya bisa belajar sambil bermain. 

 

Terlebih ada sarana ruang edu toys, selain dilengkapi aneka permainan, juga ada banyak koleksi buku untuk anak. "Sudah biasa ke sini, tapi kalau untuk Ramadan baru kali ini. Lumayan bisa untuk menghabiskan waktu untuk hal bermanfaat. Di sini anak-anak bisa bermain dan juga bisa belajar," ujar warga Desa Tegalsari Kandeman Batang ini, Senin (27/3/2023). 

 

Sub Koordinator Layanan Informasi dan Kerjasama Perpustakaan Disperpuska Batang, Sutiawati menyebut, jika layanan Perpustakaan Daerah Batang masih aktif selama Ramadan. Tak hanya di gedung utama saja, layanan ini perpustakaan seperti perpustakaan keliling pun masih berjalan. 

 

"Untuk layananan perpustakaan selama Ramadan mengikuti jam operasional kantor. Dari jam 07.30-15.00 WIB. Dan untuk hari Minggu tetap buka mulai jam 09.00-12.00 WIB," ujar perempuan yang kerap disapa Tia ini. 

 

Perpustakaan Daerah Batang pun menyediakan ribuan koleksi buku dana referensi. Selain itu juga ada layanan edu toys dan audio visual, serta WiFi gratis. 

 

Bagi masyarakat yang tidak bisa keluar rumah, pihak Disperpuska Batang pun menyediakan layanan perpustakaan digital. Sehingga diharapkan dapat memenuhi asupan pengetahuan selama Ramadan di rumah saja.

 

"Rata-rata baik Ramadan atau hari-hari biasanya pengunjungnya stabil. Karena kebanyakan anak-anak sekolah dan masyarakat sekitar. Sehari ada sekitar 30-40 orang. Nah bagi masyarakat yang belum bisa berkunjung ke Perpustakaan, bisa juga membaca koleksi kami via perpustakaan digital, yang bisa didownload di play store," pungkas Tia. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: