Ramadan, Sekolah Diajak Hadirkan Program Peningkatan Ketakwaan.

Ramadan, Sekolah Diajak Hadirkan Program Peningkatan Ketakwaan.

JAMAH - Kegiatan Salat berjamaah dan membaca Alquran di SDN Proyonanggan 03 Batang. -Novia Rochmawati-

BATANG - Selama Ramadan 2023, pembelajaran di sekolah yang ada di bawah Disdikbud Batang dimulai pukul 07.30.WIB. Di mana untuk setiap jam pelajaran berkisar 30-35 menit sesuai jenjang pendidikan. 

 

Di momen ini, Disdikbud Batang juga meminta sekolah untuk menghadirkan program peningkatan keimanan, ketakwaan, pendalaman, pemahaman dan keterampilan ibadah. Dimana satuan pendidikan dapat menyampaikan pesan-pesan moderasi beragama untuk memperkuat nilai-nilal keimanan, ketaqwaan, akhlakul karimah, kemaslahatan umat, dan nilai-nilai kebangsaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

 

"Kegiatan ini bisa diwujudkan seperti Salat Dzuhur berjamaah dan tadarus Al-Qur'an, Pengajian/ceramah/kuliah Ramadan paling lama 15 (lima belas) menit sebelum pembelajaran dimulai atau juga Pesantren Ramadan dan kegiatan lainnya," ujar Plt Kepala Disdikbud Batang, melalui Kabid Pembinaan SD, Yulianto saat diwawancarai, Rabu (29/3/2023). 

 

Meski begitu, pihaknya juga berharap sekolah tetap bisa memfasilitasi kegiatan pembelajaran bagi siswa non muslim. "Jadi untuk jenis kegiatannya bisa menyesuaikan kondisi masing-masing sekolah," imbuhnya. 

 

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa mengisi Ramadan para pelajar dengan hal-hal positif. Sehingga mereka bisa belajar untuk memaknai Ramadan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. (nov)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: