Jelang Mudik Lebaran, Uji Kir Meningkat

Jelang Mudik Lebaran, Uji Kir Meningkat

UJI KIR - Dishub Batang saat melayani uji KIR Kendaraan. -Novia Rochmawati-

BATANG - Aktivitas Uji Kir di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang meningkat menjelang lebaran. Pasalnya volume kendaraan yang melakukan Uji Kir meningkat dua kali lipat dari hari biasanya. Uji Kir jelang lebaran ini pun didominasi  bus serta angkutan barang. 

 

"Angkutan barang juga kan nanti H-5 atau berapa itu kan ada pelarangan, makanya dia ngejar muatan. Karena ngejar muatan, biasanya uji kir -nya dipercepat," kata Plt Kadishub Batang, Dwi Riyanto didampingi Kasi Pengujian Kendaraan Bermotor, Moh Kholip, 

Senin (10/4/2023). 

 

Dijelaskannya, untuk hari-hari biasa volume kendaraan yang melakukan uji Kir ada di kisaran 20-30 kendaraan per hari. Sedangkan jelang mudik lebaran 2023 ini mencapai 40-50 kendaraan per hari. 

 

"Untuk angkutan bus juga banyak yang melakukan uji kir untuk kebutuhan pemudik. Peningkatan uji kir mulai  pada awal Ramadan kemarin," imbuhnya. 

 

Kholip menambahkan, ada beberapa kompenen yang diuji dalam uji Kir kendaraan. Seperti 

kondisi mesin, ban, lampu, rem hingga bobot kendaraan. 

 

Saat ini untuk bukti lulus Uji Kir menggunakan radio frequency identification (Rf Id) berhologram. Di mana hologram ini nantinya ditempel di kendaraan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: