12.085 Penduduk Belum Miliki KTP

12.085 Penduduk Belum Miliki KTP

PENJELASAN - Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Batang, Cahyo Wiyanto saat memberikan penjelasan soal perekaman data.-Dhia Thufail-

**Belum Terekam Data Kependudukan

 

BATANG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Batang mencatat masih ada 12.085 masyarakat di daerah itu belum melakukan perekaman data kependudukan.

 

Oleh karenanya, dikatakan Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Batang, Cahyo Wiyanto, saat ini pihaknya terus menggeber perekaman data kependudukan guna membantu pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024.

 

"Ya, sampai awal April 2023 ini, masih tersisa 12.085 masyarakat Batang yang belum melakukan perekaman data kependudukan. Mereka didominasi para pemilih pemula (pelajar), dan ada juga pemilih dewasa yang merantau atau bekerja diluar Kabupaten Batang," ungkap Cahyo, Rabu (12/4/2023).

 

Menurut dia, untuk mengejar target perekaman data kependudukan itu, Disdukcapil Batang melakukan upaya jemput bola ke sekolah sekolah hingga ke desa.

 

"Untuk mengejar target itu kami melakukan jemput bola ke SMP, SMA, Pondok Pesantren, sampai ke rumah rumah warga lansia dan kaum difabel," terangnya.

 

Adapun, kata Cahyo, untuk perekaman data kependudukan pemilih pemula, pihaknya menggunakan sistem mendahului. Di mana bagi pemilih pemula yang masih berusia 16 tahun bisa melakukan perekaman e-KTP.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: