Sudah Meninggal Dunia, Masih Terdata di DPS

 Sudah Meninggal Dunia, Masih Terdata di DPS

APEL - Kegiatan apel pasca libur lebaran yang digelar Bawaslu Batang, Rabu (26/4/2023).-Novia Rochmawati-

*Jumlahnya Capai 291 Warga untuk Pemilu 2024

 

BATANG - Bawaslu Kabupaten Batang menemukan sejumlah data pemilih yang diduga bermasalah dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024 yang belum lama ditetapkan KPU Batang. Salah satu yang paling mencolok adalah masih adanya 291 warga masuk masuk dalam DPS meski nama-nama tersebut diketahui telah meninggal dunia.

 

Tak hanya itu, ada beberapa poin juga yang dicermati Bawaslu Batang terkait DPS Pemilu 2024. Seperti masih ditemukannya  77 pemilih yang tidak lengkap Elemen Datanya. 

 

Kemudian ada 56 orang yang memenuhi syarat tetapi belum masuk ke dalam ditemukannya 165 pemilih ganda dan adanya 9 temuan satu KK yang pisah TPS

 

"Untuk hasil pencermatan tersebut, akan dilakukan saran perbaikan oleh Panwaslu Kecamatan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," ujar  Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur  melalui Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Batang, Khikmatun, saat diwawancarai pada Kamis (27/4/2023). 

 

Diakui Khikmatun, dalam pencermatan DPS ini pihaknya butuh strategi baru. Pasalnya salinan DPS yang diberikan ke Bawaslu Batang hanya memberikan salinan DPS dalam format tanpa NIK. 

 

"Harus lebih teliti lagi dalam melakukan pencermatan, khususnya dalam mengecek data ganda, karena tak adanya NIK. Kami juga apresiasi jajaran pengawas Pemilu hingga tingkat desa yang berusaha untuk mencermati DPS ini," imbuhnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: