Simak Ini, Bulan Baik untuk Menikah di 2023 Sesuai Ajaran Islam

Simak Ini, Bulan Baik untuk Menikah di 2023 Sesuai Ajaran Islam

Ilustrasi pasangan tengah melangsungkan ijab qobul pernikahan.-dok Radar Pekalongan -

Bagi kamu yang berencana untuk melangsungkan pernikahan pada tahun 2023 ini, mungkin ada baiknya menyimak artikel dibawah ini.

Pernikahan merupakan suatu peristiwa sakral bagi setiap pasangan. Sehingga seringkali segala sesuatunya dipersiapkan jauh-jauh hari, agar saat pelaksanaan nanti berjalan dengan baik.

Baca juga : Simak Ini, Cara Menghitung Hari Baik untuk Pernikahan Berdasarkan Weton dan Neptu

Tidak hanya persiapan acaranya saja, penentuan hari untuk melaksanakan ijab qobul ataupun resepsi pernikahan sendiri, juga harus ditentukan dengan matang dan disepakati kedua pasangan maupun keluarga kedua belah pihak.

Dalam menentukan hari baik ini, bagi umat Islam disesuaikan dengan dalil yang tercantum dalam Al-Quran maupun hadits. Sehingga diharapkan nantinya hubungan suami istri atau rumah tangga yang dibangun bisa menjadi pasangan sakinah, mawadah dan warohmah.

Lalu, apa saja bulan baik di tahun 2023 ini yang sesuai ajaran Islam untuk menikah ?. Simak penjelasan dibawah ini

Syawal (21 April-20 Mei 2023)

Bagi sebagian besar umat muslim, bulan Syawal masih menjadi pilihan terbaik dalam melangsungkan pernikahan. Bulan kesepuluh dalam penanggalan Islam atau Hijriah ini begitu istimewa, karena diawali dengan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal, setelah sebelumnya umat muslim berpuasa selama satu bulan di bulan Ramadhan.

Menurut ajaran Islam, ada beberapa alasan kenapa bulan Syawal ini menjadi waktu yang tepat atau bulan baik untuk menikah di 2023. 

Pertama, melangsungkan pernikahan pada bulan ini dapat meningkatkan amal ibadah dari kelanjutan Ramadhan. 

Kedua, pada bulan Syawal ini juga terdapat peristiwa penting umat Islam, yaitu pernikahan Rasulullah SAW dengan Aisyah r.a.

Jika mengikuti kalender masehi, bulan Syawal jatuh pada tanggal 21 April hingga 20 Mei 2023. Pada waktu ini, kamu dapat merancang acara pernikahan dengan pasangan.

Dzulqa’dah (21 Mei-18 Juni 2023)

Selanjutnya bulan baik untuk menikah di tahun 2023 ini menurut Islam adalah Dzulqa’dah. Menurut Rasulullah SAW, bulan ini termasuk ke dalam empat bulan mulia bagi umat Islam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: