Pertengahan Tahun Ini Pasar Banjarsari Direncanakan Mulai Dibangun, Perkiraan Mampu Menampung 3.170 Pedagang

Pertengahan Tahun Ini Pasar Banjarsari Direncanakan Mulai Dibangun, Perkiraan Mampu Menampung 3.170 Pedagang

Rencana desain pembangunan Pasar Banjarsari. -(Dok/Pemkot Pekalongan)-

PEKALONGAN - Pembangunan kembali Pasar Banjarsari Kota Pekalongan dipastikan akan mulai dilakukan tahun ini.

Saat ini rencana pembangunan pasar yang mengalami kebakaran itu sudah memasuki proses lelang untuk pelaksanaan pengerjaan fisik dan manajemen kontruksi. 

Diharapkan pada 16 Juni 2023 mendatang sudah bisa dilakukan penandatanganan kontrak, kemudian diteruskan dengan pembangunan fisik selama 365 hari.

"Untuk proses lelang pekerjaan pembangunan pasar Banjarsari masih proses lelang, dan pemenangnya akan diumumkan pada 9 Juni 2023 mendatang," ujar Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Pekalongan, Budiyanto saat ditemui awak media di ruang kerjanya, kemarin.

Budiyanto menjelaskan, setelah ada pemenang, selanjutnya akan dilakukan penandatanganan kontrak pada 16 Juni 2023. "Sesuai dengan perencanaan, pembangunan fisik rampung digarap pada 14 Juni 2024 dengan masa kerja 365 hari," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan,  sebelumnya Kementerian PUPR sebelumnya telah menyetujui pagu anggaran sesuai RUP untuk pembangunan Pasar Banjarsari senilai Rls 164,3 miliar. Anggaran itu akan dipergunakan untuk membangun 790 unit kios, 2.255 unit los, dan 128 unit toko.

"Untuk jumlah pedagang yang bisa ditampung di Pasar Banjarsari sendiri nantinya direncanakan sekitar 3.170 pedagang. Dan Pasar Banjarsari nantinya akan kembali berkonsep pasar tradisional dengan 3 lantai," jelas Budiyanto.

Berdasarkan informasi yang beredar, nantinya tiap lantai di Pasar Banjarsari akan punya peruntukan masing-masing. Misalnya, lantai 1 akan diperuntukkan bagi pedagang sayuran. Kemudian lantai 2 untuk pedagang konveksi atau fashion. Sedangkan lantai 3 untuk pujasera dan kantor.

Ditambahkan, untuk proses pembangunan kembali Pasar Banjarsari sendiri akan dilakukan dengan sistem multiyears contract atau kontrak tahun jamak.

Seperti diketahui, harapan pedagang Pasar Banjarsari untuk menempati Pasar Banjarsari Kota Pekalongan menemui titik terang. Pasalnya, pembangunan kembali Pasar Banjarsari dijadwalkan bisa terlaksana Tahun 2023 ini. 

Kepastian ini didapat usai pembahasan terakhir Pemkot Pekalongan dengan Kementerian PUPR pada 16-18 Februari 2023 kemarin, dimana telah disetujui anggaran pembangunan Pasar Banjarsari sebesar Rp 163 miliar. (dwh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: