Jalan Penghubung Utama Dua Desa Ambles

Jalan Penghubung Utama Dua Desa Ambles

Badan jalan kabupaten yang merupakan jalur utama penghubung dua desa ini ambles. (Istimewa)

BATANG - Jalan kabupaten yang menjadi satu-satunya akses penghubung antara Desa Jolosekti dan Manggis, Kecamatan Tulis menuju jalur Pantura, ambles sedalam 0,5 meter pada Kamis (20/2/2020) pagi. Amblesnya badan jalan tersebut, diduga diakibatkan terjadinya penurunan tanah di sekitar lokasi.

"Tadi kita sudah melakukan pengecekan, amblesnya badan jalan bukan akibat longsor, namun karena terjadinya penurunan tanah," ungkap Camat Tulis, Wawan Nurdiansyah.

Wawan Nurdiansyah menjelaskan, penurunan tanah tidak hanya dibagian badan jalan saja. Namun juga diareal persawahan yang berada disekitar lokasi. Bahkan akibat kejadian itu, bangunan tebing di tepi jalan juga ikut retak.

"Peristiwa amblesnya jalan itu sendiri diperkirakan terjadi sekitar pukul 04.00 wib, dan menyebabkan kendaraan tidak bisa melewatinya. Namun, berkat kesigapan warga dan sejumlah pihak, untuk bagian retak yang tidak terlalu tinggi langsung diberi ditutup agar kendaraan bisa lewat," jelas Wawan.

Jalan yang ambles ditutup sementara agar bisa dilewati kendaraan.

Camat Tulis juga sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Bina Marga Kabupaten Batang guna penanganan lebih lanjut. Mengingat jalan tersebut juga merupakan jalur alternatif penghubung antara wilayah Kecamatan Tulis dan Subah, sehingga setiap harinya banyak dilalui kendaraan roda dua dan empat.

"Untuk penanganan darurat sudah dilakukan, dan kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Kabupaten untuk penanganan lebih lanjut. Untuk saat ini, kendaraan roda dua sudah bisa melintas melalui bagian jalan yang amblesnya tidak terlalu tinggi. Sedangkan untuk kendaraan roda empat masih diupayakan penanganan darurat," tandas Wawan Nurdiansyah. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: