Disdukcapil Ikut Dorong Partisipasi Pemilih Pemula

Disdukcapil Ikut Dorong Partisipasi Pemilih Pemula

JEMPUT BOLA - Disdukcapil Batang jemput bola perekaman data kependudukan di Pondok Pesantren.-Dhia Thufail-

*Perekaman KTP-El Pelajar Terus Diintensifkan

BATANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batang ikut ambil bagian dalam mendorong partisipasi politik pemilih pemula untuk Pemilu 2024 mendatang. Hal itu dilakukan dengan mengintensifkan perekaman data kependudukan bagi para pelajar.

Upaya ini bertujuan untuk memudahkan para pelajar dalam mengakses keikutsertaan mereka dalam pelaksanaan Pemilu menggunakan KTP Elektronik (KTP-El) maupun Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP Digital.

Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Batang, Wilopo mengungkapkan, bahwa pihaknya tengah melakukan aksi jemput bola dengan menggelar perekaman data kependudukan di pusat pendidikan pesantren.

"Hari ini kami jemput bola di Ponpes Darul Ulum, Tragung Kandeman Batang. Dan selanjutnya kami akan datangi Pondok Modern Tazaka di Bandar," katanya didampingi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Cahyo Wiyanto, Selasa (6/6/2023).

Wilopo menjelaskan, di Ponpes Darul Ulum, sebanyak 120 santri telah melaksanakan proses perekaman identitas kependudukan. Hal ini menunjukkan antusiasme dan kesadaran para santri untuk aktif berpartisipasi dalam proses demokrasi di negara ini.

"Kami sangat mengapresiasi partisipasi aktif para pelajar dalam upaya perekaman data kependudukan. Dengan memiliki KTP-El atau KTP Digital yang valid, mereka dapat dengan mudah melaksanakan hak pilihnya pada pemilu mendatang," ujarnya.

Perekaman data kependudukan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperbarui dan meningkatkan kualitas data kependudukan di Kabupaten Batang.

Selain memudahkan proses pemilu, data kependudukan yang akurat juga penting dalam penyelenggaraan program-program pemerintah, peningkatan pelayanan publik, serta pengambilan kebijakan yang berbasis pada data yang valid.

"Ini merupakan langkah positif dalam mewujudkan good governance dan membangun pemerintahan yang efektif dan transparan," ujarnya.

Perekaman data kependudukan ini juga diikuti dengan sosialisasi kepada pelajar tentang pentingnya pemilu dan peran aktif dalam proses demokrasi.

Selain itu, Disdukcapil juga berencana melibatkan para pelajar dalam sosialisasi dan pengenalan KTP Digital kepada masyarakat umum. Harapannya, proses peralihan dari KTP konvensional ke KTP Digital dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Dalam kesempatan ini, dia juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Batang untuk mendukung dan ikut berpartisipasi dalam upaya perekaman data kependudukan yang sedang dilaksanakan. Menurut Wilopo, kesadaran akan pentingnya memiliki KTP-El atau KTP Digital turut berkontribusi dalam memperkuat fondasi demokrasi.

Dengan adanya upaya perekaman data kependudukan yang masif ini, diharapkan partisipasi masyarakat dalam pemilu akan semakin meningkat. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: