Catat, PPDB Online SMP di Batang Dimulai 26 Juni

Catat, PPDB Online SMP di Batang Dimulai 26 Juni

PPDB - PPDB yang digelar di SMPN 2 Bandar tahun 2022/2023. -Novia Rochmawati-

BATANG - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 jenjang SMP di Kabupaten Batang akan segera dimulai, yakni per 26 Juni mendatang. Disdikbud Batang pun berharap, proses ini bisa disikapi dengan baik oleh masyarakat, khususnya bagi orang tua dan calon peserta didik. 

"Untuk PPDB jenjang SMP ini ada perubahan jadwal, karena kami menyesuaikan juga dengan perayaan Idul Adha. Dimana nanti akan dibuka tanggal 26 Juni dan akan ditutup pada 30 Juni 2023," ujar Plt Kepala Disdikbud Batang, Bambang Suryantoro saat diwawancarai beberapa waktu lalu. 

Dijelaskannya, secara umum aturan PPDB 2023/2024 tidak berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Dimana ada empat jalur yang dibuka, yakni Jalur Zonasi, Prestasi, Afirmasi dan Mutasi. 

Jalur Zonasi mendapatkan kuota minimal 60 persen. Jalur afirmasi dengan kuota maksimal 15 persen. Jalur Prestasi Maksimal 20 persen. Serta Jalur Mutasi maksimal 5 persen. 

Seperti tahun sebelumnya, PPDB kali ini juga akan menggunakan sistem online atau daring. Meski begitu masih ada 4 SMP di Batang yang akan melaksanakan PPDB secara luring atau offline, karena masih terkendala jaringan internet.  

Pihaknya berharap orang tua dan calon peserta didik bisa mengetahui terkait jalur penerimaan PPDB. Dimana bisa memilih jalur yang sesuai dengan potensi dan peluang masuknya. 

"Jadi dengan adanya empat jalur ini, kami harap masyarakat bisa paham dan menentukan mana jalur terbaik yang akan dipilih untuk masuk jenjang SMP," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: