6 Cara Mencegah Kucing Tertular Penyakit Rabies, Supaya Tidak Menulari Manusia

6 Cara Mencegah Kucing Tertular Penyakit Rabies, Supaya Tidak Menulari Manusia

ilustrasi. Cara mencegah kucing tertular penyakit rabies.-Ruri -Radar Lampung

2. Cek Kesehatan Kucing Secara Berkala

Meskipun sudah mendapat vaksinasi rabies, namun kamu harus tetap melakukan pengecekan atau pemeriksaan secara rutin hewan kesayanganmu.

Hal itu diperlukan agar jika ditemukan sesuatu yang tidak beres terhadap kucing kesayanganmu, maka dokter hewan bisa cepat melakukan penanganan ataupun pengobatan.

Dengan begitu, jika kucingmu terkena penyakit, termasuk rabies, bisa tepat dan cepat tertangani. Sehingga harapan sembuh bisa lebih tinggi.

3. Jaga kebersihan Kucing dan Kandangnya 

Menjaga kebersihan kandang hewan kesayangan merupakan hal yang penting agar tidak tertular rabies. Hal itu penting dilakukan, karena tidak menutup kemungkinan ada hewan reservoir host yang memasuki kandang kucingmu tanpa disadari dan menyebarkan virus.

Kucing kita juga harus dijaga kebersihannya dengan cara dimandikan. Mengingat hewan yang bersih akan memperkecil potensi tertular penyakit rabies.

4. Jaga Kucing agar Tak Bergaul dengan dengan Hewan Liar

Penularannya rabies pada kucing, biasanya disebabkan gigitan atau cakaran hewan liar yang sudah terinfeksi. Karena itulah, penting untuk menjaga kucing kita agar tidak berkeliaran di luar lingkungan rumah.

Selain itu, jangan sampai ada hewan liar masuk ke lingkungan rumah, karena bisa saja membawa virus rabies yang bisa menular pada kucing, bahkan manusia.

Jika kamu ingin membawa kucing ke luar rumah, maka ada baiknya untuk memberi tali pengikat ataupun tidak melepaskannya agar tidak keluyuran.

5. Kucing Jangan Sampai Memakan Bangkai

Bangkai hewan mengandung banyak kotoran dan kuman yang pembawa penyakit, termasuk juga rabies. Sehingga jika kucing kamu memakan bangkai yang mengandung virus rabies, maka kucing itu secara otomatis akan terjangkiti virus tersebut.

Karena itulah, penting bagi pemelik kucing untuk memberi makan yang disukai, agar tidak makan makanan di luar, termasuk bangkai.

Jika nafsu makan kucing berkurang, maka kamu bisa memberikan vitamin kucing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: