Viral Kasus Rabies di NTT, Pecinta Hewan di Batang Serbu Layanan Vaksin Rabies dan Steril Gratis

Viral Kasus Rabies di NTT, Pecinta Hewan di Batang Serbu Layanan Vaksin Rabies dan Steril Gratis

VAKSIN - Tim Disnakkeswan Jateng saat memberikan vaksin rabies kepada salah satu kucing di Batang -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Beberapa waktu ini masyarakat dikhawatirkan dengan kasus rabies yang ada di NTT, tak terkecuali di Batang.

Oleh karenanya, ratusan pencinta hewan di Kabupaten Batang memadati stan layanan vaksin dan steril yang digelar di Gerakan Pangan Murah Batang, di Jalan Veteran Batang Senin (26/7/2023). 

Baca juga : Waduh, Inflasi Beras di Jateng Tinggi Padahal Stok Beras Surplus

Salah satunya seperti yang dilakukan Safira, warga Kauman ini membawa kucingnya, Cio untuk mendapatkan vaksinasi rabies secara gratis. 


TEMUAN HASIL PENGAWASAN TAHAPAN PENYUSUNAN DAN PEMUTAKHIRAN DAN PENYUSUNAN DAFTAR PEMILIH TETAP PEMILU 2024 KABUPATEN BATANG -Bawaslu Batang -

"Tahu informasi ini dari Instagram. Ini kan kemarin lagi rame soal rabies, jadi tertarik untuk ikut. Biar kucing saya lebih sehat," ujarnya yang baru pertama kali memvaksinasi kucingnya. 

Sementara itu, Dokter Hewan Bidang Veteriner, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Senin, Yoyon Sunaryono menyebut pihaknya menyediakan 200 dosis vaksin rabies dan 31 layanan steril gratis. 

Berita lainnya: Launching Gerakan Pasar Murah, Sekda Kabupaten Pekalongan Soroti Harga Telur yang Tinggi

Dijelaskannya, Disnakkeswan Jateng turut menggandeng yayasan Lets Adopt, yang merupakan komunitas pecinta kucing serta Dinas kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang. Pihaknya berkeliling untuk melakukan vaksinasi serta sterilisasi.

"Antusias warga Batang cukup tinggi. Pendaftar vaksinasi pada pagi hari ini sudah ada lebih dari 100 orang. Jawa Tengah ini bebas rabies, jadi memang vaksinasinya memang tidak banyak. Tapi tetap kami berikan sebagai upaya pencegahan dan terus kami lakukan edukasi dan komunikasi," ucapnya.

Ia mengatakan masyarakat tetap harus waspada karena sejumlah wilayah tetangga terdapat kasus rabies. Kemudian, dengan vaksinasi, pada pemilik hewan juga lebih tenang. 

Untuk jenis hewan yang bisa disuntik rabies mulai dari Kucing, jc hingga monyet. Namun untuk monyet, jarang ada yang punya karena termasuk satwa yang dilindungi.

Selain itu juga turut digelar steril gratis untuk kucing. Dimana diharapkan bisa mengurangi populasi kucing liar. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: