Keberadaan Satkamling Akan Dioptimalkan

Keberadaan Satkamling Akan Dioptimalkan

APEL KASATKAMLING - Polres Pekalongan Kota menggelar Apel Kasat Kamling dan penyerahan penghargaan kepada Kasat Kamling terbaik di halaman mapolres setempat, Rabu (21/6/2023).-Wahyu Hidayat-

KOTA - Dalam Rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif serta menyambut Hari Bhayangkara ke-77, Polres Pekalongan Kota melaksanakan Apel Kepala Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) tingkat Polres Pekalongan Kota di halaman mapolres setempat, Rabu (21/6/2023).

Apel Kasat Kamling ini juga serentak dilaksanakan di seluruh jajaran Polres se-Indonesia.

Sebagai Pimpinan Apel adalah Kapolres Pekalongan Kota AKBP A Recky Robertho S.I.K., M.H., M.Si., serta dihadiri langsung Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, serta Pejabat Utama (PJU) Polres setempat. Dihadiri pula perwakilam organisasi masyarakat, petugas Kasatkamling, dan Bhabinkamtibmas.

Kapolres AKBP Recky menjelaskan bahwa peran Satkamling akan terus dioptimalkan. Menurut Kapolres, Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan tempat tinggal. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya. 

"Satkamling saat ini memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih dalam waktu dekat akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024. Maka, kehadiran Satkamling terus kita optimalkan dan harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing," katanya.

AKBP Recky menegaskan, dalam menjaga kamtibmas, bagaimanapun pihak kepolisian, pemerintah, TNI tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan yang kuat dari masyarakat.

"Peran masyarakat memang sangat diperlukan khususnya untuk menjaga keamanan di lingkungan tinggalnya masing-masing," ungkapnya.

Dalam Apel Kasatkamling ini, dilakukan pula penyerahan penghargaan kepada tiga pemenang Lomba Satkamling tingkat Polres Pekalongan Kota tahun 2023. Penghargaan berupa piala dan piagam kepada Juara I, II, dan III itu masing-masing diserahkan oleh Wali kota, Dandim, dan Kapolres kepada Kasatkamling peraih juara.

Adapun peraih juara lomba Satkamling ini, yakni: juara I dimenangkan oleh tim Kasat kamling Kelurahan Pringrejo, Polsek Pekalongan Barat; juara II dimenangkan oleh tim Kasat kamling Desa Paweden, Polsek Buaran; dan juara III oleh tim Kasat kamling Kelurahan Krapyak, Polsek Pekalongan Utara.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan yang akrab menuturkan bahwa masyarakat perlu menggalakkan kembali siskamling untuk peduli keamanan di lingkungan sekitar. Keamanan lingkungan ini tidak hanya diserahkan kepolisian atau dinas terkait saja, melainkan harus ada peran dari masyarakat.

"Termasuk kebersihan lingkungan harus ada peran serta dari masyarakat itu sendiri. Mudah-mudahan sinergitas terkait keamanan lingkungan antara TNI, Polri, Pemerintah bisa tertata lagi," bebernya.

Aaf mengajak masyarakat untuk kembali melakukan tradisi siskamling seperti zaman dahulu, dimana hampir setiap RT ada pos kamling, dan jadwal sudah ditentukan sekaligus untuk koordinasi antar warga, termasuk dalam pengawasan lingkungan tempat tinggalnya.

"Semoga, melalui kegiatan apel ini bisa lebih semangat lagi dalam menjaga keamanan lingkungan dan meningkatkan sinergitas antar stakeholder dan masyarakat," tandasnya. (way)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: