Bikin Mading Warnai Pekan Literasi Nasional

Bikin Mading Warnai Pekan Literasi Nasional

PRESENTASI - Perwakilan siswa mempresentasikan hasil dari pembuatan Mading kepada siswa lainnya.-Malekha-

*SMPN 3 Pekalongan

KOTA - SMPN 3 Pekalongan menggelar pekan literasi nasional dengan membuat Mading yang bertema lingkungan sehat serta anti bullying.

Disampaikan Kepala SMPN 3 Pekalongan Runtut Wijiasih bahwa kegiatan ini merupakan juga rangkain dari classmeeting, dimana tujuannya adalah untuk mengajak anak berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan, meningkatkan literasi serta mencegah adanya bullying yang marak terjadi di lingkungan sekolah.

"Dengan kegiatan yang positif seperti ini anak-anak betul-betul dilibatkan sehingga mereka benar-benar memahami, tidak hanya sekedar diberikan penjelasan tapi mereka mencari sendiri dan melakukan sendiri," ungkap Runtut, sapaan akrabnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan literasi di SMPN 3 Pekalongan bisa meningkatkan literasi, sehingga  raport pendidikan SMPN 3 Pekalongan baik literasi, numerasi, karakter bisa terus meningkat.  

"Apalagi kita sekolah penggerak sehingga kita memang dituntut untuk berjalan lebih cepat, tapi alhamdulillah ini bapak ibu guru di SMPN 3 Pekalongan itu sangat mendukung dengan kemampuan mereka ikut aktif berkiprah," terangnya.

Sementara itu  tim Kesiswaan dari SMPN 3 Pekalongan Rita Dina Akmalia SPd menambahkan bahwa kegiatan ini snagat bermanfaat tidak hanya bagi perwakilan siswa yang maju menjelaskan tugas namun juga bagi penonton.

"Kenapa bermanfaat? Karena memang mereka membuat ini dengan wawasan mereka sendiri, mencari informasi kemudian membuat konsep Mading kreatif dengan tema lingkungan dan anti bullying," imbuhnya.

Dijelaskan lebih lanjut, pembuatan Mading dilakukan oleh siswa kelas 7 dan 8, dimana masing-masing kelas membuat 1 Mading dengan salah satu tema yang dipilih, lalu dipresentasikan oleh perwakilan kelas.

Dari hasil presentasi akan dipilih 3 juara sebagai bentuk apresiasi atas kinerja mereka serta juara favorit yang dipilih berdasarkan like dari Vidio yang diunggah.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: