16 Tahun Menikah, Ari Wibowo - Inge Anugrah Cerai, Ini 8 Kiat Pertahankan Rumah Tangga Hingga Akhir Hayat

16 Tahun Menikah, Ari Wibowo - Inge Anugrah Cerai, Ini 8 Kiat Pertahankan Rumah Tangga Hingga Akhir Hayat

Ilustrasi suami-istri romantis-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Jangan lengah dan kendor di usia pernikahan yang tak lagi muda. Saat usia pernikahan tak lagi muda, banyak kejadian biduk rumah tangga justru hancur. Salah satu contohnya kabar perceraian artis senior Ari Wibowo dan Inge Anugrah. Bahtera rumah tangga yang dibangun 16 tahun runtuh seketika.

Impian semua orang, rumah tangganya bisa bahagia dan harmonis hingga usia senja, bahkan sampai akhir hayat. Namun mempertahankan rumah tangga harmonis hingga usia senja tidaklah mudah. Akan banyak pertentangan, perbedaan pendapat, dan jalan terjal lainnya, sehingga terkadang sikap romantis yang dimiliki pasangan pun berkurang. 

Baca juga : Kiat Membina Rumah Tangga Harmonis ala Rasulullah, Jaga Penampilan Ndak Awut-awutan hingga Bahagiakan Istri

Bahkan, godaan terberat terkadang muncul saat pernikahan memasuki usia senja. Suami merasa bosan dengan istri. Pun sebaliknya. Bisa jadi salah satu faktor retaknya keharmonisan rumah tangga di usia tua.

Pertengkaran hebat terkadang muncul menginjak usia perkawinan yang sudah setengah abad. Banyak faktor pemicunya. Mulai dari komunikasi yang kian kendor, terkikisnya kejujuran, persoalan ekonomi, hingga persoalan ranjang.

Jika permasalahan dalam rumah tangga tidak dikelola dengan baik, bahtera rumah tangga yang sudah puluhan tahun dibina bisa runtuh. Padahal, anak-anak mungkin sudah dewasa. Ini bisa memicu rentetan persoalan baru bagi masa depan mereka.

Pasangan suami-istri harus bekerja sama untuk menciptakan rumah tangga yang harmonis hingga usia senja. Tidak bisa hanya mengandalkan suami saja, atau istri saja. Beberapa cara berikut ini bisa dapat dilakukan agar rumah tangga tetap harmonis.

Baca juga:Geger Syahnaz dan Rendy Kjaernett Diduga Selingkuh, Ini 5 Penyebab Selingkuh dalam Pandangan Agama Islam

Masalah Rumah Tangga

Bahtera rumah tangga pasti akan diterpa berbagai ujian. Bukan hanya pasangan muda. Pasangan yang sudah lama mengarungi bahtera rumah tangga pun kerap kali dihajar badai persoalan. Berikut ini adalah beberapa masalah yang kerap terjadi dalam hubungan suami-istri beserta cara penyelesaiannya:

1. Masalah komunikasi

Langgengnya pernikahan kuncinya ada di komunikasi. Komunikasi suami-istri harus terjalin dengan baik. Kurangnya komunikasi dapat memicu berbagai masalah yang berujung pada munculnya rasa curiga, tidak percaya, dan prasangka buruk. Cara berkomunikasi yang buruk juga dapat memicu kesalahahpahaman di antara suami-istri.

Berita lainnya: Jangan Buru-buru Bercerai, Simak Ini 5 Cara Mempertahankan Pernikahan Meskipun sudah di Ujung Tanduk

Berbicara dengan nada tinggi, menggunakan kata-kata kasar, dominan berbicara daripada mendengarkan, berbicara sambil fokus dengan gawai, atau melancarkan aksi diam ketika pasangan melakukan kesalahan adalah contoh komunikasi yang buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: