16 Tahun Menikah, Ari Wibowo - Inge Anugrah Cerai, Ini 8 Kiat Pertahankan Rumah Tangga Hingga Akhir Hayat

16 Tahun Menikah, Ari Wibowo - Inge Anugrah Cerai, Ini 8 Kiat Pertahankan Rumah Tangga Hingga Akhir Hayat

Ilustrasi suami-istri romantis-Tangkapan layar freepik.com-

Saling percaya dan pengertian merupakan hal penting yang harus dijaga dalam hubungan rumah tangga, apalagi jika usia pernikahan sudah cukup lama. Ada banyak hal yang berbeda dibandingkan saat awal pernikahan.

7. Tunjukkan penghargaan untuk pasangan

Dalam hubungan rumah tangga, baik suami maupun istri memiliki peran masing-masing. Tapi kadang karena telah terbiasa, kita kerap tidak menyadari hal kecil yang dilakukan oleh pasangan kita.

Tidak ada salahnya kita mengucapkan terima kasih untuk hal-hal kecil yang dilakukan oleh pasangan. Dia mungkin juga tidak pernah berharap ucapan tersebut, namun ucapan terima kasih akan membuat hatinya senang, merasa diperhatikan.

Meski terdengar sepele, upaya menghargai pasangan atas apa yang ia lakukan penting dilakukan untuk menjaga rumah tangga tetap harmonis. Semua orang senang ketika mendapatkan apresiasi atas usahanya.

8. Tunjukkan kebaikan

Perdebatan atau pertengkaran dengan pasangan kerap disebabkan oleh tindakan yang dianggap kurang baik dan tidak bisa diterima. Merasa kecewa, kita lantas membalas perbuatannya dengan bersikap tidak baik juga.

Hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah. Maka cobalah hal sebaliknya yakni dengan berbuat baik seperti setia mendengar keluh kesahnya, menghindari membalasnya dengan ucapan kasar, saling membantu dalam membersihkan rumah, dan lainnya. Melakukan hal-hal seperti ini tanpa disadari bisa membantu rumah tangga tetap harmonis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: