16 Tahun Menikah, Ari Wibowo - Inge Anugrah Cerai, Ini 8 Kiat Pertahankan Rumah Tangga Hingga Akhir Hayat

16 Tahun Menikah, Ari Wibowo - Inge Anugrah Cerai, Ini 8 Kiat Pertahankan Rumah Tangga Hingga Akhir Hayat

Ilustrasi suami-istri romantis-Tangkapan layar freepik.com-

Kekuatan doa luar biasa. Tak ada yang tidak mungkin dengan kekuatan doa yang tulus. Doa agar keluarga sakinah mawadah warahmah dipanjatkan untuk keluarga baru maupun keluarga yang sudah berlangsung lama.

Salah satunya ialah doa untuk pengantin baru. Doa ini dibaca dengan tujuan agar pengantin menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah.

  بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

“Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan".

2. Bersenang-senang dan coba lakukan hal-hal baru

Semakin tua usia pernikahan, hubungan ranjang bisa saja terasa hambar. Nyalakan gairah dengan mencoba hal baru, baik itu memperbanyak variasi posisinya atau bahkan tempatnya. Jangan monoton. 

Lakukan hal-hal baru yang menyenangkan, atau pergi berwisata bersama pasangan. Dengan suasana dan pemandangan berbeda dari biasanya akan membuat suasana jadi segar, tidak membosankan. Liburan bersama juga bisa mengganti waktu-waktu yang hilang bersama pasangan. Sesekali miliki quality time dengan pasangan tanpa kehadiran anak. 

3. Berkencan yang romantis

Coba luangkan waktu untuk berdua saja dengan pasangan, baik sekedar makan malam bersama, pergi ke bioskop, atau staycation di hotel.

4. Turunkan ego dan selalu ambil inisiatif

Saat terjadi konflik, ambil langkah lebih dulu untuk meminta maaf dan mengajak pasangan berbicara guna menyelesaikan masalah yang dihadapi. Hindari berperilaku egois dan enggan minta maaf, karena hal tersebut hanya akan memperkeruh masalah.

5. Jalin komunikasi yang sehat

Komunikasi adalah pondasi dalam membangun hubungan yang sehat termasuk keluarga. Jika komunikasi terbangun dengan baik, hubungan dengan pasangan akan berjalan lebih lancar.

Sekalipun ada masalah, komunikasi bisa jadi jalan untuk mendapatkan penyelesaiannya. Jadi, perhatikan apa yang pasangan pikirkan dan rasakan. Cobalah untuk selalu bertanya kegiatannya hari ini. Luangkan waktu sekitar 15 menit setiap malamnya, hanya untuk mengobrol santai dan bercengkrama dengannya.

6. Tumbuhkan rasa saling pengertian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: