16 Tahun Menikah, Ari Wibowo - Inge Anugrah Cerai, Ini 8 Kiat Pertahankan Rumah Tangga Hingga Akhir Hayat

16 Tahun Menikah, Ari Wibowo - Inge Anugrah Cerai, Ini 8 Kiat Pertahankan Rumah Tangga Hingga Akhir Hayat

Ilustrasi suami-istri romantis-Tangkapan layar freepik.com-

Ingin komunikasi dengan pasangan berjalan lancar, biasakan untuk meluangkan waktu berdua. Bicarakan semua isi hati dan keluh kesah secara terbuka. Selain itu, turunkan ego dan jadilah pendengar yang baik ketika pasangan sedang berbicara. Dengan menerapkan tips tersebut, kemesraan suami-istri pun bisa terjaga dan rumah tangga yang harmonis dapat terwujud.

2. Konflik

Jangan menghindar jika ada masalah dengan pasangan. Menghindari dan memendam masalah justru bisa menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja dan merusak keharmonisan rumah tangga.

Hadapi konflik dengan tenang dan sabar. Perdebatan mungkin tidak bisa dihindari, tetapi jangan memberikan komentar yang menyakitkan atau terlalu menyalahkan pasangan. Cobalah bersikap jujur dan minta maaf bila memang kita yang salah.

3. Krisis kepercayaan

Saling percaya merupakan kunci rumah tangga harmonis hingga usia senja. Pada dasarnya, membangun kepercayaan tidak sesulit yang kita duga, tetapi dibutuhkan komitmen yang kuat.

Agar rasa saling percaya tetap terpelihara atau tidak menjadi trust issue, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu memberi kabar ke pasangan, menepati janji, menghormati hak pasangan, tidak berbohong, menjadi pendengar yang baik, dan tidak terlalu mudah cemburu.

4. Masalah keuangan

Dalam rumah tangga, masalah keuangan kerap memicu retaknya hubungan bahkan dapat berakhir pada perceraian. Untuk mengantisipasinya, pasangan suami-istri sebaiknya memiliki visi yang sama. Diskusikan dengan hati-hati kepada pasangan jika ada hal yang kurang berkenan seputar keuangan. Buatlah setiap rencana keuangan bersama dengan baik.

5. Masalah ranjang

Kehangatan di ranjang bisa meningkatkan kualitas hubungan suami-istri. Ini juga baik untuk kesehatan fisik serta emosional. Namun, pasangan suami-istri bisa saja tidak mendapatkan titik temu dalam hal waktu bercinta. Ini bisa menjadi persoalan jika tak diselesaikan dengan baik.

Baca lagi:Kiat Membina Rumah Tangga Harmonis ala Rasulullah, Jaga Penampilan Ndak Awut-awutan hingga Bahagiakan Istri

Kiat Menjaga Rumah Tangga Harmonis Sampai Hayat

Tidak bisa dipungkiri, rasa bosan bisa melanda hubungan kita dengan pasangan. Romantisme yang ada pada awal pernikahan mungkin saja telah memudar. Nah, agar terus bergairah dan rumah tangga harmonis tetap terjaga, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Berdoa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: