Yuk Kerjakan 5 Amalan ini Saat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Idul Adha 2023, Pahalanya Bisa Setara Berhaji

Yuk Kerjakan 5 Amalan ini Saat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Idul Adha 2023, Pahalanya Bisa Setara Berhaji

Ilustrasi-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

3. Memperbanyak Doa

Memperbanyak doa merupakan salah satu amalan yang dianjurkan di hari-hari Puasa Tarwiyah dan Arafah. Salah satu waktu paling mustajab dalam berdoa adalah jelang berbuka puasa. Sebuah hadis meriwayatkan bahwa doa orang yang berpuasa menjadi salah satu yang tidak akan tertolak sebagaimana berikut ini.

“Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa hingga ia berbuka, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang terzalimi,” (HR. Tirmidzi).  

 

4. Melaksanakan Sholat Sunnah 

Di waktu-waktu yang baik, seperti hari Tarwiyah dan Arafah, kita bisa belajar untuk melengkapi sholat wajib dengan sholat-sholat sunnah. Selain menambah pahala, sholat sunnah juga bisa digunakan untuk menyempurnakan sholat wajib kita. Sholat sunnag juga bisa dikerjakan pada pagi hari seperti sholat dhuha, atau malam hari seperti sholat witir dan tahajud. Serta sholat-sholat sunnah lainnya, seperti rawatib, hajat dan lain sebagainya. 

 

5. Perbanyak Bersedekah

Hari Tarwiyah dan Hari Arafah menjadi salah satu hari yang baik dalam Islam. Oleh karenanya, sebagai umat muslim kita juga untuk dianjurkan untu memperbanhyak bersedekah, besar atau kecil sedekah yang kita keluarkan untuk fakir miskin tidak dipermasalahkan oleh Allah Swt. Yang terpenting sedekah itu harus dilakukan secara ikhlas, sehingga akan lebih menjadi berkah, terlebih jika dilakukan di saat hari-hari yang baik. 

Nah, itu dia 5 amalan yang bisa dikerjakan umat muslim saat menjalankan puasa tarwiyah dan puasa arafah. Semoga amalan-amalan ini bisa membawa kita menjadi umat muslim yang semakin beriman dan bertaqwa. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: