Rayakan Idul Adha, BPI Kembali Bagikan Puluhan Hewan Qurban

Rayakan Idul Adha, BPI Kembali Bagikan Puluhan Hewan Qurban

Kepala Desa Karanggeneng menerima penyerahan hewan kurban berupa satu ekor sapi dari PT Bhimasena Power Indonesia. -istimewa-

BATANG - Menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) kembali membagikan hewan qurban untuk masyarakat di 12 desa sekitar PLTU Batang 2 x 1.000 MW. 

Tahun ini, BPI membagikan 11 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Pmbagiannya sendiri dilakukan dengan melibatkan pemerintahan desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan para pemangku kepentingan (stakeholders).

Direktur Operasional BPI, Yoshimitsu Fujii menjelaskan, program Idul Adha merupakan program tahunan Corporate Social Responsibility (CSR) BPI yang dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat. 

"Program ini sudah berlangsung sejak tahun 2013 hingga sekarang dan terus berjalan dengan terus memperhatikan masukkan dari pemerintahan desa setempat, yakni Desa Ujungnegoro, Karanggeneng, Ponowareng, Kedungsegog, Kenconorejo, Simbangjati, Tulis, Beji, Depok, Sembojo, Juragan, dan Wonokerso," jelas Yoshimitsu Fujii usai menyerahkan hewan qurban, Selasa (27/6).

Yoshimitsu Fujii menjelaskan, hewan qurban yang dibagikan ke masyarakat desa sekitar PLTU Batang diadakan melalui pengadaan yang bermitra dengan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkah Jaya Desa Ponowareng

KSP itu sendiri merupakan binaan program CSR BPI, sehingga program ini benar-benar melibatkan banyak elemen masyarakat desa sekitar. 

"ami tidak hanya semata-mata membagikan hewan qurban saja, tapi juga harus memikirkan pemberdayaan masyarakat dan ekonominya. Yaitu dengan cara pembeliannya melalui KSP Berkah Jaya Desa Ponowareng. Hal ini menunjukan komitmen perusahaan untuk lebih banyak melibatkan masyarakat," terang Yoshimitsu Fujii.

Sebelum diserahkan, hewan kurban yang diserahkan oleh BPI tersebut terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatannya oleh Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang.

Hal ini dilakukan guna memenuhi aturan Syariat Islam dalam memilih hewan qurban, diantaranya yaitu hewan untuk qurban harus memenuhi usia minimal dan dalam keadaan sehat saat disembelih. 

"Kami berharap, program qurban CSR BPI ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat desa sekitar PLTU Batang dan dapat mendorong semangat masyarakat dalam perayaan Hari Raya Idul Adha, menumbuhkan rasa syukur dan cinta kepada Allah SWT, serta menguatkan dan meningkatkan Ukuwah Islamiyah," tandas Yoshimitsu Fujii. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: