Buruh Pembuat Batubata di Karangdadap Pekalongan Tewas Tertimbun Tanah

Buruh Pembuat Batubata di Karangdadap Pekalongan Tewas Tertimbun Tanah

Warga menggali gundukan tanah yang menimbun korban.-Hadi Waluyo-

KARANGDADAP,RADARPEKALONGAN - Musibah menimpa seorang pembuat batubata di Desa Kebonrowopucang, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan. Buruh harian lepas bernama Harmanto (31), warga Dukuh Jrakah RT 002 RW 004, Desa Kalilembu, Kecamatan Karangdadap, tewas tertimbun tanah saat bekerja membuat batubata di lokasi tobong di Dukuh Rowobulus Wetan, Desa Kebonrowopucang, Jumat (30/6/2023).

Sehari setelah merayakan Hari Raya Idul Adha 2023, tepatnya pada hari Jumat, tanggal 30 Juni 2023, korban sudah mulai menjalankan rutinitas pekerjaannya sebagai buruh di pembuatan batubata di tobong di Dukuh Rowobulus Wetan. Ia berangkat dari rumah pukul 05.00 WIB dengan mengendarai sepeda motor.

Baca juga:Nenek Kasih Ditemukan Meninggal di Lereng Jurang di Tengah Hutan Lindung Wadas Jaran, Ini Barang yang Dipeluk

Tak ada yang tahu pasti bagaimana korban bisa tertimbun tanah. Diduga, saat mengambil tanah di tebing untuk bahan baku pembuatan batubata, tebing itu longsor dan menimbun tubuh korban.

Kejadian menyedihkan ini baru diketahui sekitar pukul 09.00 WIB. Saat itu, saksi Muhammad Khafidzin (33), datang ke pembuatan batubata. Setelah sampai di tempat, Khafidzin mencari korban. Namun, ia tidak menemukannya.

Khafidzin pun memanggil buruh pembuat batubata lainnya yang bernama Bihin (50). Bihin juga bekerja sebagai buruh di tobong tersebut. Kedua orang ini lalu mencari korban. Namun korban tak juga ditemukan. 

Saat mencari korban, keduanya menemukan gundukan tanah di bawah tebing. Dugaan pun muncul jika korban tertimbun gundukan tanah itu. Keduanya lantas berinisiatif menggali gundukan tanah tersebut.

"Keduanya mendapatkan tubuh korban terkubur tanah," terang Kapolsek Karangdadap Iptu Sunarto, Sabtu (1/7/2023) pagi.

Kejadian itu lalu dilaporkan ke perangkat desa setempat dan pihak keluarga korban. Perangkat desa lantas melaporkan penemuan korban tertimbun tanah ke Polsek Karangdadap.

"Pihak keluarga korban menerima kejadian ini sebagai musibah," ujar Kapolsek Karangdadap Iptu Sunarto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: