Jalur Tol Kayangan Bawang - Dieng Longsor di Dukuh Bintoromulyo

Jalur Tol Kayangan Bawang - Dieng Longsor di Dukuh Bintoromulyo

LONGSOR - Inilah jalur tol kayangan akses Bawang-Dieng yang mengalami longsor, yakni di Dukuh Bintoromulyo, Desa Pranten.-Dhia Thufail-

BATANG - Bagi Anda yang akan pergi Dieng melalui jalur Deles Kecamatan Bawang, sebaiknya lebih berhati-hati. Pasalnya, salah satu titik di akses tol kayangan diketahui baru saja mengalami longsor, yakni tepatnya di Dukuh Bintoromulyo, Desa Pranten, Kecamatan Bawang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang mengimbau agar masyarakat yang akan melintasi jalur tersebut untuk berhati hati. Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi, Selasa (4/7/2023). Ulul menyampaikan, bahwa akses jalan menuju wisata Dieng itu mengalami longsor pada bulan Juni 2023 lalu.

"Tanah longsor mengikis badan jalan, dengan panjang sekitar 10 meter dan kedalaman sekitar 3-4 meter," jelasnya.

Peristiwa tanah longsor itu, kata dia, telah disampaikan oleh Pemerintah Desa Pranten.

Di mana peristiwa tanah longsor itu terjadi di sekitar Bukit Sipudang, yang mengakibatkan tergerusnya badan jalan.

"Kami sudah meninjau dan merapatkannya. Adapun untuk penanganan daruratnya, kami akan menggelar kerja bakti pada Rabu (5/7/2023) besok (hari ini, red)," jelasnya.

BPBD bersama sejumlah instansi terkait akan melakukan rencana aksi penanganan daerah rawan kecelakaan dan longsor di sepanjang ruas Jalan Kabupaten Deles - Sigemplong masuk Desa Pranten, Kecamatan Bawang.

"Pada aksi kerja bakti besok itu kami akan pasang bambu dan talud dari karung yang diisi tanah pada lokasi longsor," katanya.

Adapun berdasarkan pantauan di lapangan, jalur tersebut masih ramai dilalui oleh  pengendara dari daerah sekitar maupun luar yang akan menuju ataupun dari wisata Dieng, Banjarnegara. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: