Tuntaskan Kasus Stunting, Kodim Gandeng Kemenag

Tuntaskan Kasus Stunting, Kodim Gandeng Kemenag

PERTEMUAN - Kodim 0736/Batang saat menggelar pertemuan dengan Kantor Kemenag Batang di Markas Kodim setempat.-Dhia Thufail-

BATANG - Kodim/0736 Batang terus berupaya menekan angka kasus stunting di daerah setempat. Terbaru, Dandim 0736/Batang, Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menggandeng Kemenag Batang untuk menuntaskan kasus gagal tumbuh pada anak itu.

Dikatakan Dandim, pihaknya akan meningkatkan intensitas kemitraan itu dengan menggandeng pihak penyuluh agama di tiap kecamatan.

"Bersama Kemenag, kami berupaya mengatasi stunting dengan cara mengedukasi warga yang akan melakukan pernikahan, minimal berusia 19 tahun," ungkap Letkol Inf Ahmad Alam Budiman saat ditemui di halaman Kodim/0736 Batang, Selasa (4/7/2023).

Menurut Dandim, jalinan kemitraan ini sangat penting dalam memudahkan tugas TNI yang gencar menangani stunting, salah satu permasalahan serius yang dihadapi masyarakat. Salah satu faktor penyebab stunting adalah pernikahan dini yang masih terjadi di sebagian wilayah.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Batang, Akhmad Farkhan, memastikan kesiapannya dalam membantu TNI dalam mengatasi kasus stunting dan pernikahan dini di Kabupaten Batang.

Kemenag, kata dia, memiliki Kantor Urusan Agama (KUA) yang tersebar di seluruh kecamatan. Jika anggota Koramil membutuhkan penyuluhan seputar pernikahan, maka petugas dari Kemenag siap membantu.

"Kami membawahi KUA, yang tersebar di seluruh kecamatan. Apabila anggota Koramil membutuhkan penyuluhan seputar pernikahan, petugas kami siap membantu," jelas Akhmad Farkhan.

Sejauh ini, kedua institusi tersebut telah secara rutin menggelar sejumlah kegiatan, antara lain Safari Ramadan, Safari Jumat, dan pembagian sembako untuk warga terdampak Covid-19. Kegiatan-kegiatan tersebut telah mendapat apresiasi dan dukungan yang luas dari masyarakat setempat.

"Ke depan, Kemenag dan Kodim 0736/Batang akan lebih sering melakukan kerja sama di bidang sosial maupun keagamaan. Ini merupakan bentuk nyata dari sinergi antara TNI dan Kemenag dalam membantu masyarakat," ujar Akhmad Farkhan.

Dalam upaya meningkatkan intensitas kemitraan ini, Kodim 0736/Batang dan Kemenag akan terus menjalin kerja sama yang lebih erat guna menangani permasalahan sosial dan keagamaan yang dihadapi masyarakat.

Sinergi antara TNI dan Kemenag diharapkan dapat memberikan solusi konkret dan berkelanjutan bagi permasalahan stunting dan pernikahan dini serta memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Batang secara keseluruhan. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: