Ratusan Lansia dan Disabilitas Terima Bantuan PPKS

Ratusan Lansia dan Disabilitas Terima Bantuan PPKS

SERAHKAN BANTUAN - Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Iyan Kusmadiana, menyerahkan bantuan atensi bagi PPKS, Selasa (11/7/2023), di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.-red/sef-

*Kolaborasi Sentra Terpadu Kartini dan Pemkab Kendal

KENDAL - Untuk kedua kalinya, Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menyerahkan bantuan atensi bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Kendal Tahun 2023, Selasa (11/7/2023), di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal. Total ada ratusan lansia dan penyandang disabilitas yang menerima bantuan. 

Total ada 716 PPKS di Kabupaten Kendal yang menerima bantuan ini. Jumlah tersebut mencakup pmenuhan hidup layak bagi penyandang disabilitas sejumlah 370 orang, pemenuhan hidup layak bagi 300 lansia, kewirausahaan untuk penyandang disabilitas 5 orang, kewirausahaan untuk lansia 6 orang, perlengkapan sekolah 20 orang, alat bantu eksebilitas terdiri dari kursi roda standar ada 13 orang, serta tongkat penuntun adaptif 2 orang

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto bersama Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung Kemensos RI, Iyan Kusmadiana, berkesempatan menyerahkan secara simbolik kepada penerima manfaat.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kendal, Sigit mengatakan, bantuan atensi PPKS ini sebagai upaya membantu dalam rangka mencapai keberfungsian sosial individu, keluarga, dan komunitas dalam memenuhi kebutuhan dan hak dasar dalam melaksanakan tugas dan peranan sosial, serta mengatasi masalah dalam kehidupan.

Sementara Kepala Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, Iyan Kusmadiana menjelaskan, kegiatan ini merupakan realisasi dari hasil asesmen bersama pada akhir tahun 2022 lalu. 

"Ini menjadi kegiatan kali kedua yang dilaksanakan di Kabupaten Kendal. Kegiatan di tahap pertama masuknya ke anak yang banyak dengan disabilitas, dan tahap kedua masuk pada lanjut usia dengan disabilitas," ungkapnya.

Menurut Iyan, pihaknya bersama Pemkab Kendal akan mengusahakan untuk menyelesaikan hasil asesmen tahun 2022 tersebut. Adapun pelaksanaannya direncanakan di 2 bulan ke depan, masuk triwulan ke depan. 

"Tentu sesuai kemampuan kami juga. Selanjutnya minggu depan atau bulan depan, kita akan melaksanakan kembali asesmen terpadu bersama dinas sosial untuk kegiatan 2024 berikutnya. Sehingga kami tetap melaksanakan kegiatan berkoordinasi, berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Kendal sampai dengan bisa menyelesaikan masalah yang ada," tutur Iyan Kusmadiana.

Seluruh bantuan ini disebut Iyan membuktikan bahwa Pemkab Kendal bersama Pemerintah Pusat, dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hadir untuk melayani masyarakat. "Ini sebagai bukti, kita dari pemerintah akan selalu ada untuk masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengungkapkan bahwa penyerahan bantuan atensi PPKS tersebut menjadi ikhtiar bersama dalam melakukan kolaborasi, menyelesaikan permasalahan kesejahteraan maupun permasalahan sosial yang ada di kabupaten kendal, dan tentunya ini adalah hal yang sangat penting bagi pemerintah Kabupaten Kendal.

Bupati juga minta kepada Dinas Sosial untuk bisa memastikan bahwa penerima bantuan, khususnya terkait dengan bantuan usaha ini bisa dilakukan monitoring agar kedepannya bukan hanya sekedar formalitas, namun dari Pemkab Kendal bisa terus mendampingi, sehingga usaha yang diberikan, harapannya bisa terus berjalan dan bisa terus berkembang.

"Pendampingan ini akan terus kita lakukan, dengan harapannya nantinya terus berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat dalam mengentaskan permasalahan sosial maupun mengatasi permasalahan kemiskinan yang ada di kabupaten kendal. Mudah-mudahan bantuan yang diberikan bisa benar-benar bermanfaat dan bisa terus meningkatkan kualitas kehidupan," tutur Bupati Dico.

Bantuan ini pun disambut gembira para penerimanya. Salah satunya Sumiyah, warga Kecamatan Ngampel. Ia mengaku amat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Kendal atas bantuan yang diberikan, karena menurunnya sangatlah bermanfaat sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: