Multaqo Sufi Al Alamy Akan Digelar pada 29 Agustus–1 September 2023

Multaqo Sufi Al Alamy Akan Digelar pada 29 Agustus–1 September 2023

Dr. K.H. Mashudi, M.Ag. Sekjen JATMAN-Wahyu Hidayat-

PEKALONGAN – Multaqo Sufi Al Alamy, atau Multaqo Sufi Dunia ke-2 rencananya akan digelar di Pekalongan pada 29 Agustus sampai 1 September 2023 mendatang.

Pelaksanaan pertemuan ulama sufi dunia ini sebelumnya direncanakan akan diselenggarakan pada 23–25 Juli 2023.

Sekretaris Jenderal Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN) Dr. K.H. Mashudi, M.Ag. menyampaikan bahwa Multaqo Sufi Al Alamy ditunda menjadi 29 Agustus – 1 September 2023 karena berbagai pertimbangan.

"Terkait program monumental yang sekian kalinya yakni rencana multaqo sufi al-alamy yang sedianya diselenggarakan pada tanggal 23-25 juli 2023, oleh karena satu dan lain hal maka dilakukan penundaan sampai dengan 29 Agustus hingga 1 September 2023," ujar Kiai Mashudi, sebagaimana dilansir Jatman Online, kemarin.

juga menjelaskan alasan diundurnya waktu pelaksanaan acara Mulatqo Sufi Al-Alamy karena masih ada masyayikh yang belum memberi konfirmasi karena kesibukan ibadah haji.

"Satu hal yang mendasari perubahan waktu tersebut pertama, ada permintaaan dari masyayikh luar negeri, sebagian dari mereka belum terkonfirmasi. Di antara mereka juga masih melakukan ibadah haji," imbuhnya.

Selain itu, Ketua World Sufi Asembly, Maulana Habib Luthfi, menyetujui dan sehingga memberikan dampak positif dalam menyiapkan hajat besar Multaqo Sufi Al-Alamy 2023 di Pekalongan mendatang.

Multaqo Sufi Al Alamy tahun 2023 merupakan penyelenggaraan yang ke dua kalinya. Pertama kali Multaqo Sufi Al Alamy digelar pada tahun 2019 silam. Salah satu hasilnya adalah menetapkan Habib Luthfi bin Yahya sebagai Ketua Forum Sufi Dunia, atau yang kini berubah nama menjadi Majelis Sufi Dunia atau World Sufi Assembly. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: