TMMD Sengkuyung II Bangun Jalan Tembus 2 Dukuh di Desa Sumublor Pekalongan

TMMD Sengkuyung II Bangun Jalan Tembus 2 Dukuh di Desa Sumublor Pekalongan

Sekda M Yulian Akbar foto bersama Forkompinda usai pembukaan TMMD Sengkuyung II di Desa Sumublor, Sragi.-Hadi Waluyo-

SRAGI,RADARPEKALONGAN - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II Tahun Anggaran 2023, Kodim 0710 Pekalongan di wilayah Kabupaten Pekalongan resmi dimulai, Rabu (12/7/2023). TMMD kali ini bangun jalan tembus yang menghubungkan dua pedukuhan di Desa Sumublor, Kecamatan Sragi. 

Kegiatan TMMD Sengkuyung II secara resmi dibuka oleh Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar di Lapangan Desa Sumublor. Kegiatan pembukaan ditandai dengan serah terima proyek dari Sekda Yulian Akbar kepada Dandim 0710 Pekalongan yang diwakili oleh Perwira Penghubung Kodim Mayor Kav Moch Purbo Suseno yang disaksikan oleh jajaran Forkompinda.

Baca juga:TMMD Reguler Ke-116 Kodim 0710/Pekalongan Hadirkan Secercah Harapan dan Impian Warga Desa Wangkelang

Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kerjasama dan sinergitas TNI dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan program pemerintah daerah, yaitu pemerataan pembangunan.

“Saya ingin desa-desa di Kabupaten Pekalongan semakin mandiri, maju dan makmur, dan ini tidak mungkin tercapai tanpa kerjasama dan sinergis dari berbagai elemen dalam masyarakat. Kita ingin kehidupan rakyat Kabupaten Pekalongan makin sejahtera. Sarana jalan makin memadai sehingga aksesibilitas dan mobilitas orang dan barang dari dan ke desa makin lancar," ujar Sekda M Yulian Akbar.

Sekda meminta kepada masyarakat Sumublor agar bisa guyup sengkuyung membantu TNI dalam pembuatan jalan tersebut, sehingga hasilnya benar-benar maksimal. “Saya berpesan kepada semua pihak yang terlibat baik TNI, Polri, pemda dan pemerintah desa serta masyarakat Desa Sumublor untuk selalu memberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan program, serta bersedia untuk bekerja sama dan bergotong-royong,” ajaknya.

Baca lagi:DPRD Kabupaten Pekalongan Tekankan Pedagang Lama Pasar Wiradesa Harus jadi Prioritas

Mayor Kav Purbo Suseno menyampaikan, pelaksanaan TMMD ini tidak hanya sasaran fisik saja yang dikerjakan akan tapi juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi seperti wawasan kebangsaan, stunting dan lain-lain kepada masyarakat.

Sasaran dalam program TMMD kali ini berupa pekerjaan jalan burda dengan volume panjang 400 meter lebar 3 meter, pekerjaan jalan shandseet panjang 400 meter lebar 3 meter, pekerjaan telford panjang 6 meter lebar 3 meter dan hamparan sirtu volume pajang 350 meter lebar 3 meter.

“Selain kegiatan fisik, dalam kegiatan TMMD ini juga dilakukan kegiatan non fisik, ini sangat dibutuhkan dalam rangka pembangunan sumber daya manusia dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumublor Karso mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI Kodim 0710 Pekalongan dan Pemkab Pekalongan atas program TMMD Sengkuyung tahap II di desanya. Menurutnya, jalan yang dibangun merupakan jalan tembus dari Dukuh Tengah ke Dukuh Satu dan juga menuju ke akses jalan raya kabupaten. Serta yang lebih penting lagi sebagai akses jalan para anak-anak sekolah, sehingga nantinya tidak terlalu jauh melalui jalan lainnya.

“Terutama anak sekolah SD yang dari Dukuh Satu tidak mutar lagi. Selain itu jalan ini nantinya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat seperti petani untuk membawa hasil panennya bisa menggunakan mobil sehingga menghemat tenaga dan lebih cepat,” tutur Kades Karso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: