Pra PRK, Masyarakat Nelayan Gelar Rangkaian Sedekah Laut Tawang

Pra PRK, Masyarakat Nelayan Gelar Rangkaian Sedekah Laut Tawang

DIBUKA - Bupati Dico M Ganinduto memukul gong sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan sedekah laut dan seni budaya yang menjadi rangkaian pra pembukaan PRK 2023.-red/sef-

KENDAL - Rangkaian prosesi Sedekah Laut Tawang dan kegiatan seni budaya meramaikan pra pembukaan Pekan Raya Kendal Tingkat Eks Kawedanan Weleri, Eks Kawedanan Kaliwungu dan Eks Kawedanan Kendal yang dipusatkan di TPI Tawang Desa Gempolsewu, Selasa (25/7/2023). Sedekah Laut bahkan telah dimulai sejak kemarin dan terus berlangsung sampai puncaknya pada Jumat (28/7/2023) bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-418.

Nyadran atau Sedekah Laut Tawang sendiri dilaksanakan setiap setahun sekali di bulan Muharam atau bulan Suro dalam penanggalan Jawa. Tradisi persembahan laut ditujukan untuk mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih pada karunia dari Sang Pencipta. 

Tradisi sedekah laut juga merupakan wujud syukur masyarakat nelayan atas berkah yang melimpah berupa hasil laut dan keselamatan dari Allah SWT selama melaut. Bahkan menjadi aset pariwisata di Kabupaten Kendal, dan dapat mendatangkan ribuan wisatawan yang tak hanya dari Kendal saja.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang menghadiri kegiatan ini, menyampaikan bahwa Seni Budaya dan Sedekah Laut menjadi bagian dari rangkaian PRK. Capaian dari PRK diharapkan seluruh elemen masyarakat yang memiliki prestasi akan ditunjukkan di Pekan Raya Kendal.

“Yang terpenting yang terakhir dalam rangka hari jadi Kabupaten Kendal yang ke-418 insya Allah kita berbahagia bersama. Jadi mudah-mudahan kegiatan seluruh rangkaian hari jadi Kabupaten Kendal berjalan dengan baik dan saya juga ingin menyampaikan mumpung saya lagi di Gempol Sewu di Kecamatan Rowosari insya Allah mohon doanya jembatan gantung insya Allah tahun ini akan segera dibangun dan ini bentuk kerjasama kolaborasi dari pemerintah pusat dari kementerian PU,” jelas Bupati Dico.

Adapun kegiatan sedekah laut ini telah berjalan sejak kemarin dan sudah ada pengajian bersama, sehingga rangkaiannya juga terus berjalan hingga nanti saat melakukan tradisi larung pada hari Jumat tanggal 28.

"Mari kita jaga bersama keamanan dan ketertiban serta kebersihan wilayah kita. Semoga Kendal semakin dikenal, semakin maju, dan tentu saja sejahtera masyarakatnya," ucap Bupati. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: