Baik untuk Cegah Diabetes, Ini 12 Manfaat Talas untuk Kesehatan

Baik untuk Cegah Diabetes, Ini 12 Manfaat Talas untuk Kesehatan

Talas-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Talas (Colocasia esculenta) banyak diolah jadi makanan lokal yang kaya manfaat untuk kesehatan. Di antaranya, mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan pencernaan dan usus, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan kekuatan tulang hingga mengontrol kadar gula darah.

Jika dulu talas hanya kerap direbus, talas kini sudah diolah dengan berbagai cara, baik direbus, digoreng, dihaluskan, ataupun dipanggang. Makanan olahan yang terbuat dari talas saat ini banyak berkembang, dari hanya direbus biasa, keripik, bolu, puding, roti hingga minuman. 

Bukan sekadar rasanya yang enak, manfaat talas bagi kesehatan menjadikannya kian dilirik sebagai bahan olahan makanan. Tak lagi hanya direbus atau dijadikan gorengan, beberapa produsen makanan menggunakan talas menjadi aneka kudapan kekinian. Sebut saja, milk tea, es krim dan cake. 

Namun ingat! Jangan mengonsumsi talas dalam keadaan mentah, karena umbi-umbian ini bisa beracun akibat kandungan oksalatnya yang tinggi. Zat berbahaya tersebut bisa hilang saat dimasak atau direndam terlebih dahulu semalaman. Untuk itu, talas baik dikonsumsi setelah dimasak terlebih dahulu. 

Dilansir halodoc.com, dalam 1 cangkir atau sekitar 132 gram talas yang sudah dimasak, talas memiliki kandungan nutrisi 187 kalori, kurang dari 1 gram protein, 6,7 gram serat, kurang dari 1 gram lemak, 30 persen kebutuhan harian akan mangan, 18 persen kebutuhan harian akan kalium, 13 persen kebutuhan harian akan tembaga dan 10 persen kebutuhan harian akan fosfor. Selanjutnya, 10 persen kebutuhan harian akan magnesium, 22 persen kebutuhan harian akan vitamin B6, 11 persen kebutuhan harian akan vitamin C dan 19 persen kebutuhan harian akan vitamin E.

Talas juga diperkaya antioksidan, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B, vitamin A, serta zat besi dan tembaga. Banyaknya kandungan senyawa organik, mineral, dan vitamin yang terkandung dalam talas, maka tak heran talas kaya manfaatnya bagi kesehatan.

Baca juga:Bisa Haluskan Kulit Kasar, Ini 12 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat talas bagi kesehatan yang dilansir dari beberapa sumber: 

1. Menjaga kesehatan pencernaan dan usus

Dengan kandungan serat yang tinggi, talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat akan mencegah buang air besar menjadi keras, sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi. 

Talas merupakan salah satu umbi-umbian dengan pati resisten yang baik untuk kesehatan usus. Pati resisten dapat meningkatkan kesehatan usus karena fermentasi usus besar menghasilkan lebih banyak bakteri baik. Bakteri usus yang sehat dapat mencegah sembelit dan perut kembung.

Pati yang satu ini difermentasi secara perlahan, sehingga menyebabkan gas lebih sedikit dibandingkan serat lainnya. Itu sebabnya, kandungan pati dalam talas sangat berguna bagi masalah pencernaan, seperti sembelit (konstipasi), diare dan kram perut.

2. Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat, kalium dan antioksidan yang cukup tinggi di dalam talas membuatnya berfungi untuk mencegah penyakit jantung. Serat yang didapat dari talas berfungsi untuk memastikan agar kadar kolesterol tetap normal. Jika terlalu banyak, kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga aliran darah ke organ tubuh tertentu jadi terhambat. Jika pembuluh darah ke jantung yang tersumbat, dapat terjadi penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: