Mudah dan Praktis! Gunakan Bahan-bahan Alami untuk Atasi Rambut Rontok

Mudah dan Praktis! Gunakan Bahan-bahan Alami untuk Atasi Rambut Rontok

Ilustrasi perawatan rambut rontok.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Selain murah, aman, mudah dan praktis, jika bukan dipicu oleh penyakit, rambut rontok bisa diatasi dan dirawat agar kuat dan tumbuh subur kembali dengan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita, seperti santan, pisang, alpukat, jambu biji, minyak zaitun, lidah buaya, hingga yoghurt.

Faktor keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, atau bagian normal dari penuaan merupakan penyebab rambut rontok. Seorang pria lebih rentan mengalami rambut rontok dibandingkan wanita.

Buah-buahan hingga bumbu dapur yang banyak dijumpai di sekitar kita dapat dimanfaatkan untuk merawat dan mengatasi rambut rontok secara alami.

Baca juga:Cara Alami Atasi Rambut Rontok, Bisa Gunakan Minyak Zaitun hingga Teh Hijau

Berikut ini bahan alami yang dapat dipakai untuk mengatasi rambut rontok dilansir dari halodoc.com:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun bisa mengurangi rambut rontok karena memiliki kandungan vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium. Caranya pun mudah. Minyak zaitun dioleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata. Pijat dengan lembut. Selama 30 menit didiamkan, lalu bilas dengan air bersih.

2. Lidah buaya

Sejak dulu lidah buaya sudah dikenal bisa menyuburkan dan menyehatkan pertumbuhan rambut. Sebab, lidah buaya kaya akan kandungan vitamin A, D, serta zat besi dan protein.

Gel lidah buaya dioleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15 menit biar meresap. Bilas dengan air hangat sampai bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan cara ini secara teratur setiap hari.

3. Santan

Santan ternyata tak hanya untuk memasak. Santan bisa membuat rambut halus dan tidak mudah rontok, karena adanya zink, vitamin B6, vitamin E, kalium, dan fosfor di dalamnya. Untuk merasakan manfaatnya coba oleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 30 menit. Bilas menggunakan sampo serta air bersih.

4. Bawang dan madu

Kandungan sulfur pada bawang efektif cegah rambut rontok. Untuk mengatasi rambut tontok dengan bawang dan madu dengan cara mencampurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Campuran tadi dioleskan di kulit kepala. Diamkan selama 2 jam, dibilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini tiap hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: