Hampir Rampung, Warga Kebumen Bakal Nikmati Jalan Mulus

Hampir Rampung, Warga Kebumen Bakal Nikmati Jalan Mulus

SELESAIKAN PEMBANGUNAN - Anggota Kodim 0736/Batang bersama masyarakat Desa Kembumen menyelesaikan pembangunan jalan.-Dhia Thufail-

BATANG - Proyek TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 di Desa Kebumen, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, berupa pembuatan akses jalan, kian mendekati finishing.

Program yang diselenggarakan Kodim 0736/Batang itu telah memasuki minggu kedua dengan antusiasme dan semangat tak tergoyahkan. Melalui sinergi yang memukau, impian warga Kebumen akan memiliki jalan halus tak lama lagi akan terwujud.

Rasa antusias dan semangat bergotong-royong mewarnai setiap langkah dalam pelaksanaan TMMD di Desa Kebumen. Bukan hanya personil TNI yang terlibat, melainkan seluruh warga desa juga turut serta aktif dalam membangun jalan yang diimpikan.

Danramil 12/Tulis, Kapten Cpm Joko Wahyono dengan penuh semangat mengungkapkan kegembiraannya atas partisipasi luar biasa warga dalam mensukseskan program TMMD Sengkuyung ini.

"TNI dan rakyat adalah satu, lahir dari dan berjuang untuk rakyat. Sinergi antara TNI dan masyarakat menjadi pilar keberhasilan TMMD Sengkuyung kali ini," ucapnya, baru-baru ini.

Program TMMD Sengkuyung Tahap II ini tak hanya berdampak pada fisik desa semata, tetapi juga memiliki peran strategis dalam mengangkat kembali nilai-nilai luhur bangsa.

"Melalui TMMD, kami ingin menyemai rasa cinta tanah air dalam diri setiap warga, untuk kemajuan dan kejayaan negeri ini," tandas Danramil dengan penuh semangat.

Tidak sedikit warga yang merasakan manfaat nyata dari proyek TMMD ini. Harjo, salah satu warga Desa Kebumen, dengan tulus mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Kodim 0736/Batang.

"Sungguh, saya sangat senang dan bahagia dengan adanya kegiatan TMMD di desa kami. Jalan yang dibangun ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama untuk mengangkut hasil panen. Akses yang lebih baik ini akan membawa berkah bagi perekonomian desa kami," ucap Harjo dengan tulus.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kodim 0736/Batang menyiapkan anggaran sebesar Rp741,5 juta untuk pembangunan infrastruktur desa dan nonfisik pada kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa Sengkuyung tahap II.

Komandan Kodim 0736/Batang, Letkol Infantri Ahmad Alam Budiman mengatakan, bahwa program TMMD Sengkuyung Tahap II 2023 itu dilaksanakan di Desa Kebumen, Kecamatan Tulis.

"Dana yang dikucurkan untuk pembangunan infrastruktur di Desa Kebumen diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah, APBD Kabupaten Batang, dan swadaya masyarakat," katanya.

Menurut dia, sasaran pembangunan fisik adalah rabat beton sepanjang 1.200 meter dengan lebar 3 meter dan tinggi 0,12 meter, pengerasan jalan dengan cara memberi dua macam lapisan batu-batuan (makadam) sepanjang 400 meter dengan lebar 2 meter, serta makadam jalan dua sepanjang 150 meter dengan lebar 3 meter.

Adapun untuk sasaran nonfisik, kata dia, di antaranya penyuluhan wawasan kebangsaan bela negara, penyuluhan undang-undang perkawinan, penyuluhan peternakan, pertanian, keluarga berencana, narkoba, sanitasi, penanggulangan bencana, stunting, dan pengolahan sampah. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: