DLH: Penataan Alun-Alun Sisi Utara Dilanjutkan

DLH: Penataan Alun-Alun Sisi Utara Dilanjutkan

Kepala DLH Kota Pekalongan, Joko Purnomo.-Wahyu Hidayat-

*Tender Sempat Dibatalkan

KOTA - Dengan telah selesainya penataan dan pembuatan taman Alun-Alun Kota Pekalongan sisi selatan, dalam waktu dekat Pemkot Pekalongan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat akan mulai menata Alun-Alun sisi utara.

Rencana penataan Alun-Alun Kota Pekalongan sisi utara ini telah dianggarkan melalui APBD 2023, dengan pagu anggaran Rp1,26 miliar.

Saat ini, paket pekerjaan pembuatan Taman Alun-Alun sisi utara juga sudah ditayangkan di laman LPSE Kota Pekalongan.

Berdasar pantauan di lpse.pekalongankota.go.id pada Rabu (2/8/2023), pengumuman tender sudah dilakukan sejak 17 Juli 2023. Hanya saja, tender pembuatan Taman Alun-Alun sisi utara ini sempat dibatalkan. Alasannya tertulis karena ada pengurangan atau 'refocusing' belanja.

Namun, Kepala DLH Kota Pekalongan, Joko Purnomo, saat dikonfirmasi Radar Pekalongan pada Rabu sore (2/8/2023), menjelaskan kalau surat pembatalan tender yang sebelumnya telah dikeluarkan itu, telah ia cabut. Sehingga, proses tender akan kembali dilakukan.

"Sudah saya cabut dengan surat dari DLH. (Kemudian) Bagian PBJ dan Pokja untuk (selanjutnya) melelangkan. Lanjut (tendernya), segera tayang di LPSE," jelas Joko.

Dilansir dari RKB, Joko Purnomo bahwa untuk rencana desain penataan Alun-alun sisi utara ini akan dibuat seimbang dengan yang sisi selatan. Hanya saja, di sisi utara tidak ada payung besi berbentuk daun.

Di Alun-alun sisi utara ini, ungkap Joko, nantinya akan lebih diperbanyak pepohonan atau tanamannya. Nantinya juga akan ada halte untuk pemberhentian mobil perpustakaan keliling, sehingga lokasi tersebut juga akan difungsikan sebagai pojok baca.

Sebelumnya, Pemkot Pekalongan melalui DLH sudah rampung menata Alun-Alun sisi selatan, menggunakan APBD 2022, dengan anggaran sekitar Rp1,1 miliar. Saat ini Alun-Alun sisi selatan sudah lebih cantik dan rapi dan sudah banyak dimanfaatkan warga untuk area bersantai, bermain, maupun sekadar foto-foto.

Pemkot Pekalongan sebelumnya juga telah menata kawasan Alun-Alun Kota Pekalongan, dimulai di sisi barat pada tahun 2018, kemudian sisi timur pada tahun 2019. Jika Alun-Alun sisi utara sudah selesai ditata ulang, maka penataan tinggal menyisakan yang sisi tengah. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: