Bendungan Gembiro Pasti Buka

Bendungan Gembiro Pasti Buka

BENDUNGAN - Di tahun 2023 ini, Pintu Bendungan Gembiro Desa Krandon, Kecamatan Kesesi dipastikan dibuka. -Triyono-

KAJEN - Tahun 2023 ini, Pintu Bendungan Gembiro Desa Krandon, Kecamatan Kesesi dipastikan dibuka. Saat ini jadual pembukaan Pintu Bendungan Gembiro menunggu rapat di Komisi Irigasi (Komir) Kabupaten Pekalongan

Tradisi bukaan Pintu Bendungan Gembiro selalu ditunggu tunggu oleh masyarakat Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya. Pasalnya saat pintu Bendungan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda banyak ikan yang mabuk, sehingga banyak masyarakat yang turun mencari ikan. 

Adapun selain untuk menguras lumpur yang ada didasar Pintu Bendungan Gembiro, bukaan pintu juga untuk mengecek kondisi Bendungan. Sehingga apabila ditemukan keretakan langsung dilakukan perbaikan. 

Kepala Bidang PSDA pada DPU PR Kabupaten Pekalongan, Budi Antoyo, Selasa (08/08/2023), menyampaikan bahwa sebelum pembukaan pintu Bendungan Gembiro dilakukan pembahasan pada Komisi Irigasi. Adapun Komisi Irigasi melibatkan berbagai pihak, baik PSDA Kabupaten Pekalongan, Provinsi, Desa, Kecamatan, petani dan petugas irigasi. 

"InsyaAllah nanti menunggu rapat Komisi Irigasi, " katanya. 

Sedangkan dalam rapat Komisi Irigasi nanti dibahas mengenai waktu pembukaan, penutupan dan sosialisasi sehingga petani ataupun warga telah mempersiapkan area yang menjadi imbas.

Terpisah Ketua IP3A Kalijogo, Tangguh mengakui akan rencana pembukaan Pintu Bendungan Gembiro Desa Krandon Kecamatan Kesesi. 

"Ya, ini baru mau dikomunikasikan dengan dinas, " ungkapnya. 

Diketahui untuk Tradisi Pembukaan Pintu Bendungan Gembiro sebagai agenda tahunan biasanya dilakukan pada 1 Oktober. Selain ditandai dengan penencetan sirine oleh Bupati bersama Muspida juga dilakukan atraksi berbagai kegiatan. (Yon) 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: