Setelah Seleksi Panjang, 70 Paskibraka Dikukuhkan

Setelah Seleksi Panjang, 70 Paskibraka Dikukuhkan

PENGUKUHAN - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengukuhkan 70 Paskibraka yang akan bertugas pada upacara HUT RI ke-78, Kamis besok.-red/sef-

KENDAL - Setelah melalui tahapan dan seleksi panjang, sebanyak 70 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akhirnya dikukuhkan oleh Bupati Kendal, Selasa (15/7/2023), di Pendopo Tumenggung Bahurekso. Mereka inilah yang nantinya bertugas pada upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 pada 17 Agustus 2023 besok.

70 anggota Paskibraka Kabupaten Kendal ini mengucapkan ikrar Putra Indonesia yang dipimpin langsung oleh Bupati Dico M Ganinduto. Kepada mereka, Bupati pun memberikan ucapan selamat karena telah terpilih mendapatkan kepercayaan mengibarkan Bendera Merah Putih pada upacara HUT RI nanti.

 

“Selamat dan semangat, karena semua yang di sini adalah para pelajar yang terpilih dan terbaik se Kabupaten Kendal, embanlah tugas ini dengan sepenuh hati,” jelas Dico M. Ganinduto.

Sesuai data Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik (Kesbangpol) Kendal, tahapan pemilihan Paskibraka tingkat Kabupaten Kendal dimulai dengan seleksi administrasi melalui aplikasi transparansi yang dilaksanakan pada tanggal 23 – 27 Maret 2023.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kendal, Ahmad Riyadi menyebut jika pelatihan telah dilakukan sejak 24 Juli 2023 dengan seleksi dari 27 sekolah siswa – siswi terbaik, serta terdapat satu perwakilan dari Kendal menjadi petugas Paskibraka di level Provinsi.

“Seluruhnya merupakan hasil seleksi terbaik dari 27 sekolah yang sudah dilakukan sejak bulan maret, kemudian satu siswa dari SMAN 1 Sukorejo Salwa khanasyazahra lolos di tingkat Provinsi,” ujar Ahmad Riyadi.

Sementara itu Pelatih Paskibraka 2023 Kabupaten Kendal Peltu M. Syaiful mengatakan telah melakukan latihan selama karantina dengan penerapan disiplin ketat baik itu  pelatihan fisik maupun disiplin waktu.

“Saat pelatihan kita selalu kedepankan Disiplin waktu, mental maupun fisik yang telah menjadi harga mati bagi kami TNI, Pelaksanaan juga dilakukan secara full seluruh pasukan 70 anggota mengibarkan bendera tidak ada pembagian,” jelas M Syaiful.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka akan melakukan Gladi Bersih Upacara sebanyak dua kali pagi dan sore, sedangkan untuk Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan akan berlangsung di Alun-alun Kota Kendal yang dimulai pada pagi hari jam 07.00. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: