Modus Minta Sumbangan, Dua Warga Indramayu Curi 2 Laptop di Puskesmas Siwalan Pekalongan

Modus Minta Sumbangan, Dua Warga Indramayu Curi 2 Laptop di Puskesmas Siwalan Pekalongan

Unit Reskirim Polsek Sragi mintai keterangan sejumlah saksi dalam pencurian 2 laptop dengan modus pelaku meminta sumbangan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Dengan modus minta sumbangan, dua warga Indramayu curi 2 laptop di Puskesmas Siwalan, Kabupaten Pekalongan. Kedua tersangka ialah Duryani (43) dan Diyon Triyono (23), keduanya warga Desa Tinumpuk, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu.

Kedua pencuri laptop di Puskesmas Siwalan ini berpenampilan laiknya pencari sumbangan pada umumnya. Keduanya mengenakan sarung, berpeci, dan berpakaian rapi. Modal lainnya, toples besar bertuliskan 'AMAL JARIYAH'.

Kapolsek Sragi AKP Suradi dikonfirmasi Rabu, 16 Agustus 2023, menerangkan, kedua pelaku awalnya datang ke kantor Puskesmas Siwalan di Kabupaten Pekalongan untuk meminta sumbangan, sekitar pukul 11.30 WIB. Keduanya menemui kepala tata usaha di ruang TU Puskesmas setempat. 

"Saat itu kepala TU sedang tidak ada di ruangan karena masih istirahat. Keduanya menunggu di ruang tamu lantai 2 Puskesmas. Namun mengetahui situasi sepi, tersangka Duryani masuk ke dalam ruang TU dan mengambil dua unit laptop yang ada di meja ruangan lalu dimasukin ke dalam tas punggung yang ia bawa," terang AKP Suradi. 

Baca juga:Curi Murai Batu Juara Latber, Koplek Ditangkap Polisi

Tersangka Diyon tugasnya berjaga di tangga dekat ruangan. Setelah berhasil mengambil laptop, kedua pelaku ini pergi meninggalkan Puskesmas Siwalan.

Namun, gelagat kedua pencari sumbangan saat keluar dari Puskesmas Siwalan menarik kecurigaan salah satu pegawai Puskesmas yang saat itu tengah makan di warung di depan Puskesmas. Ia lantas masuk ke dalam Puskesmas untuk memeriksa rekaman CCTV yang ada di ruangan TU. 

"Dari rekaman CCTV itu salah satu dari dua orang pencari sumbangan ini masuk ke dalam ruangan TU dan mengambil dua laptop di atas meja. Satu pelaku lainnya berjaga di luar ruangan," kata Kapolsek Sragi.

Dengan bukti rekaman itu, ia lantas memberitahukan kejadian tersebut ke dua pegawai Puskesmas Siwalan lainnya. Selanjutnya, ketiganya berupaya mencari keberadaan kedua pencari sumbangan tersebut yang diperkirakan belum pergi terlalu jauh.

Baca lagi:Tim Resmob Polres Pekalongan Ungkap Pencurian di Toko Tekstil Sidodadi Kedungwuni, Ternyata Ini Pelakunya

"Ketiganya mendapati para pelaku sedang duduk di sebuah warung kosong sekitar 50 meter dari Puskesmas Siwalan," terang Suradi.

Keduanya lalu diamankan ke Puskesmas Siwalan. Selanjutnya, pegawai Puskesmas Siwalan melaporkan kejadian itu ke Polsek Sragi. Unit Reskrim Polsek Sragi selanjutnya mengamankan kedua pelaku beserta barang bukti untuk diproses hukum. 

Korban Yayah Juhaeriyah (52), seorang bidan yang merupakan PLH Puskesmas Siwalan saat makan di warung di depan Puskesmas sebenarnya juga melihat kedua pencari sumbangan masuk ke dalam Puskesmas. Keduanya membawa toples dengan berpakaian sarung dan peci, serta salah seorang membawa sebuah tas punggung. Namun ia menilai keduanya merupakan pencari sumbangan pada umumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: