Pelajar SDN Karanggeneng 01 Kampanyekan Jaga Lingkungan lewat Lomba Poster

Pelajar SDN Karanggeneng 01 Kampanyekan Jaga Lingkungan lewat Lomba Poster

Pelajar SDN Karanggeneng 01 Kandeman saat mengkampanyekan jaga lingkungan dengan lomba poster-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati -

KANDEMAN, RADARPEKALONGAN - Memperingati Hari Konservasi Alam, Pelajar SDN Karanggeneng 01 Kandeman kampanyekan Jaga lingkungan Lewat Lomba Poster, Rabu (16/8/20239). 

Meski tidak ada ekstra kurikuler Seni atau gambar, para peserta lomba antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Para peserta pun sukses membuat poster yang sesuai dengan tema dan juga menarik. 

"Kegiatan ini menjadi salah satu program tahunan kami sebagai sekolah Adiwiyata. Di momen peringatan hari konservasi alam ini, kami adakan lomba poster ini, dan kami barengi dengan lomba peringatan HUT RI. Seperti lomba kelereng dan juga lomba makan kerupuk," ujar Kepala SDN Karanggeneng 01, Wardaningsih saat diwawancarai di sela kegiatan. 

Lewat lomba poster ini, anak-anak diharapkan bisa ikut mengkampanyekan program Adiwiyata ke lingkungan sekitarnya. Selain itu makin menambah kecintaan anak pada lingkungan sekitar. Terlebih dilakukan dengan cara yang menyenangkan, sembari mengasah minat bakat di bidang seni. 

SDN Karanggeneng 01 sendiri tahun ini berhasil mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata Tingkat provinsi bersama delapan sekolah binaan PT Bhimasena Power Indonesia lainnya. Lomba ini menjadi salah satu wujud komitmen sekolah, untuk mengedukasi dan membentuk karakter anak lewat budaya peduli lingkungan. 

Tak hanya lomba poster, pihaknya pun terus melakukan program perilaku ramah lingkungan hidup (PRLH). Seperti rutin digelar Kegiatan Jumat Bersih dan Sehat, 

pembibitan, penanaman pohon, daur ulang sampah organik dan anorganik, lomba kebersihan dan keindahan kelas, serta lomba mural (melukis dinding) yang digelar beberapa waktu lalu. 

Tim CSR PT Bhimasena Power Indonesia, Tarwandi mengapresiasi langkah SDN Karanggeneng 01 Kandeman dalam menggelorakan semangat Adiwiyata. Pihaknya berharap kegiatan ini mampu mengedukasi anak untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 

Selain itu PT BPI juga terus mendorong sekolah binaannya untuk bisa maju menjadi sekolah Adiwiyata. Bahkan baru-baru ini ada 9 sekolah, termasuk SDN Karanggeneng 01 yang sudah mendapatkan predikat Adiwiyata tingkat provinsi Jawa Tengah. 

"Harapan kami setelah meraih Adiwiyata provinsi, nantinya bisa berlanjut ke Adiwiyata Nasional," pungkasnya. (Nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: