5 Cara Berkomunikasi yang Baik Agar Disukai Orang Lain, Terapkan Kalau Kamu Pengin Punya Banyak Koneksi

5 Cara Berkomunikasi yang Baik Agar Disukai Orang Lain, Terapkan Kalau Kamu Pengin Punya Banyak Koneksi

ilustrasi cara berkomunikasi yang baik agar disukai orang lain-tangkapan layar-pexels.com

BACA JUGA:Berikut 5 Ciri-Ciri Orang yang Akan Sukses, Kamu Punya Salah Satu Tandanya Nggak?

Salah satu cara komunikasi non verbal ini juga bisa membuat orang lain merasa dipahami, didengarkan, diperhatikan, dihormati, bahkan diterima dengan baik kehadiran dan ceritanya. Dengan begitu, orang lain akan lebih mudah merasa nyaman denganmu dan hubungan baik bisa terjalin.

Saat kamu memandang mata orang lain saat berbicara, kontak mata ini juga akan membuatmu tampak lebih tulus memahami dan mendengarkan orang lain. Jadi lawan bicara akan nyaman dan menghargaimu juga.

4. Jangan Hanya Diam, Ajukan Pertanyaan

Berikutnya, kamu bisa menjalin komunikasi dengan baik saat kamu aktif dan terlibat di dalam obrolan. Alih-alih hanya diam mendengarkan saja tanpa respon yang menyenangkan, kamu justru perlu memberikan umpan balik dalam topik tersebut.

Tidak perlu terlalu panjang lebar, gunakan pertanyaan singkat, klarifikasi, atau penguatan. Dengan ketiga cara tersebut, mereka akan kembali berbicara dengan lebih antusias dan penuh kerelaan. 

Jika komunikasi dilakukan dengan orang baru, orang yang belum pernah bertemu sebelumnya maka kamu bisa mengajukan pertanyaan tentang diri mereka. Tidak perlu sesuatu yang sangat pribadi, kamu bisa memulai dari hal dasar terkait situasi saat itu atau topik yang berhubungan dengan sesuatu yang sudah sempat disinggung sebelumnya.

Dengan memberikan tanggapan atau mengajukan hal pribadi tersebut, orang lain akan merasa bahwa kamu tertarik dengan mereka sehingga akhirnya kalian bisa menjadi semakin akrab. 

5. Selalu Ucapkan Tolong, Terimakasih, dan Maaf

Tiga kata tersebut bisa kita anggap sebagai mantra. Hal ini sangat terkait dengan sopan santun dan sebagai cara untuk menunjukkan bahwa kita menghormati orang lain.

Selalu diingat kalau kamu harus mengucapkan “tolong” saat harus meminta bantuan, sekecil apapun itu. Misalnya mengambilkan tisu di seberang meja atau tempat yang sulit dijangkau olehmu.

Katakan “terimakasih” kemudian setelah kamu mendapatkan bantuan. Hal sekecil apapun atas kebaikan dan kesediaan orang lain membantumu. Juga katakan “maaf” saat melakukan kesalahan atau perbuatan yang sekiranya membuat orang lain tidak nyaman. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: