Jelang Idul Adha, Harga Sapi Naik 1 Juta

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Naik 1 Juta

Dua pekan jelang hari Raya Idul Adha 2020, harga hewan sapi kurban di pasaran mulai naik. Kenaikan berkisar Rp 1 sampai 2 Juta Per ekor.

Kenaikan hewan kurban seperti terjadi di Pasar Hewan Kajen. Para pedagang lokal dan luar daerah menjual dagangannya. Kenaikan terutama terjadi pada jenis hewan Sapi baik lokal ataupun metal.

Untuk harga hewan kurban sapi jenis lokal yang sebelumnya Rp 14 juta kini menjadi Rp 15 juta dengan kapasitas daging lebih dari satu kuintal. Sedangkan untuk harga sapi jenis metal atau limosin dari Rp 20 juta sampai Rp 25 juta.

Salah seorang pedagang hewan kurban di Pasar Hewan Kajen, Kholidin, menyampaikan bahwa kenaikan harga terjadi sejak beberapa pekan lalu. Kenaikan ini juga akan terus terjadi jelang Idul Adha mendatang.
"Ini sudah naik sekitar Rp 1 juta per ekor. Kalau mendekati Idul Adha pasti akan naik lagi," katanya.

Diakui, kenaikan selain dipicu banyaknya pesanan atau permintaan, juga adanya aksi borong dari luar daerah. Menurutnya kenaikan tersebut masih diangka yang wajar karena sudah menjadi agenda tahunan.

"Meskipun ada Corona masih banyak masyarakat yang mencari hewan kurban, " imbuhnya.

Sementara salah seorang pembeli, Turmudi mengaku sengaja membeli hewan kurban sebelum waktunya mendekati Idul Adha. Sebab apabila sudah mepet pasti harga naik.

"Meskipun masih dua minggu saya titipkan ke warga yang biasa memelihara sapi. Jadi itung itu ngasih rejeki ke mereka, daripada mepet harga pasti tinggi, " imbuhnya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: