Bupati Pekalongan Fadia Arafiq: Hari Jadi Ke 401 Menjadi Momen Memperkuat Kerjasama dan Sinergitas

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq: Hari Jadi Ke 401 Menjadi Momen Memperkuat Kerjasama dan Sinergitas

--

Dalam rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pekalongan yang digelar di Ruang Rapat Kantor DPRD Kabupaten Pekalongan, pada Jumat (25/8/2023), Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, menggarisbawahi pentingnya peringatan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-401 sebagai peluang untuk memperkuat kerjasama dan sinergitas.

Bupati Fadia mengajak semua pihak, termasuk komponen pemerintahan dan masyarakat, untuk bersama-sama merenung, memperbaiki, dan mengukuhkan kerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan masyarakat, dan pembangunan di Kabupaten Pekalongan, 

“Dengan kebersamaan, kerja keras, kekompakan dan partisipasi seluruh komponen masyarakat, berbagai hambatan dan kendala yang terjadi dalam proses membangun Kabupaten Pekalongan dapat kita atasi bersama," ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati juga mengutarakan bahwa pada saat dilantik, Ia bersama wakil Bupati Pekalongan Riswadi dihadapkan dengan kenyataan terpuruknya pertumbuhan ekonomi yang saat itu berada di angka minus 1,89 persen. 

Namun, setelah melalui berbagai kebijakan dan program yang disusun sesuai dengan visi dan misi kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan, pertumbuhan ekonomi kabupaten ini berhasil membaik.

"Hasilnya, pada 2021 Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Pekalongan langsung meroket ke angka 3,54 persen. Lalu di 2022, angka itu naik lagi menjadi 5,11 persen," ungkapnya.

Selain itu, Bupati Fadia juga menyoroti penurunan angka kemiskinan dari 10,57 persen di Tahun 2021 dapat menurun ke angka 9,67 persen pada tahun 2022, serta penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari angka 4,28 persen pada 2021 menjadi 3,23 persen di Tahun 2022. Tak hanya itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pekalongan juga mengalami peningkatan signifikan, Tahun 2021 di angka 70,11 pada 2021 meningkat menjadi 70,81 di 2022.

“Angka IPM ini merupakan kategori tinggi dalam dua tahun kepemimpinan kami,” imbuh Bupati.

Terakhir, Bupati Fadia mengingatkan bahwa peringatan Hari Jadi Ke-401 juga menandai lebih dari dua tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Riswadi. Dalam upaya mewujudkan masyarakat Kabupaten Pekalongan yang sejahtera, adil, dan merata, Bupati menegaskan komitmennya untuk mendorong semangat gotong royong dengan dukungan semua pihak.

“Hal tersebut tentunya sangat relevan dengan tema Hari Jadi ke 401 Kabupaten Pekalongan, yaitu “Kokohkan Sinergi Wujudkan Kota Santri” yang menggambarkan keteguhan tekad dan komitmen Pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk bersinergi bersama rakyat Kabupaten Pekalongan yang majemuk, memiliki latar belakang budaya yang heterogen, dan potensi yang juga beragam untuk bersama mewujudkan Kabupaten Pekalongan yang maju yaitu Kabupaten Pekalongan yang SANTRI, Sehat, Aman, Nyaman Tertib, Rapi dan Indah,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: