Bawaslu Kabupaten Pekalongan Ramaikan Pawai Mobil Hias, Ajak Masyarakat Tolak Politik Uang

Bawaslu Kabupaten Pekalongan Ramaikan Pawai Mobil Hias, Ajak Masyarakat Tolak Politik Uang

Bawaslu Kabupaten Pekalongan ramaikan Pawai Mobil Hias Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-401.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-401, Bawaslu Kabupaten Pekalongan ramaikan Pawai Mobil Hias, Jumat, 25 Agustus 2023. Dalam pawai itu, Bawaslu ajak masyarakat untuk tolak politik uang.

Pada pesta karnaval tersebut, Bawaslu Kabupaten Pekalongan mengirimkan satu mobil hias dengan ornamen khas Bawaslu dan gambar Maskot Pengawas Pemilu Bang Bawas dan Mbak Lula.

Bang Bawas mengandung makna Abang yang Awasin, Lu yang Laporin. Selain itu personel dari Bawaslu yang mengikuti pawai tersebut turut membagikan bahan sosialisasi kepada masyarakat yang menyaksikan pawai. 

Bahan sosialisasi berisi ajakan untuk menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024 dan mengawasinya, menolak politik uang, stop politisasi SARA, stop berita hoaks dan melaporkan jika menemukan dugaan pelanggaran Pemilu kepada Bawaslu.

Baca juga:Pemkab Pekalongan Rayakan Hari Jadi Ke-401 dengan Lomba Pawai Mobil Hias

Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Mohamad Tohir, mengatakan keikutsertaan Bawaslu dalam karnaval mobil hias tersebut untuk menunjukkan ekistensi sekaligus memberikan pesan-pesan moral kepada masyarakat akan arti penting dari Pemilu 2024.

"Bawaslu ikut meramaikan pawai mobil hias, dalam rangka hadir di tengah-tengah masyarakat dan mengajak masyarakat untuk peduli dengan Pemilu 2024," katanya.

Tohir juga mengajak agar turut menyambut Pemilu 2024 dengan riang gembira, menghindari ujaran kebencian, politisasi SARA, berita hoaks, dan praktik-praktik politik uang. Dengan itu semua maka akan tercapai Pemilu yang aman, damai dan kondusif.

HUT Kabupaten Pekalongan yang mengangkat tema "Kokohkan Sinergi Wujudkan Kota Santri" itu diikuti oleh 90 mobil hias dari instansi dan dinas di Kabupaten Pekalongan. Mobil hias Bawaslu mendapatkan undian nomor 07.

Rute yang dilalui yaitu dimulai dari Alun-alun Kajen, Kesesi, Sragi, Bojong, Kedungwuni, Wonopringgo, Karanganyar, dan finish di Alun-alun Kajen. Kegiatan ini juga diiringi dengan berbagai macam keseninan yang ditampilkan oleh masing-masing peserta karnaval.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: