15 Cara Mengusir Semut yang Menganggu dari Rumah dan Toko

15 Cara Mengusir Semut yang Menganggu dari Rumah dan Toko

Ilustrasi semut.-Tangkapan layar freepik.com-

RADARPEKALONGAN - Ada banyak cara mengusir semut yang menganggu dari rumah atau toko. Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah atau membelinya di toko untuk mengusir semut.

Koloni semut yang terlalu banyak akan sangat menganggu. Ancaman menggigit pemilik rumah atau anak-anak saat bermain di rumah itu pasti.

Namun, semut juga bisa menyerang barang-barang di rumah atau toko seperti gula pasir, makanan, dan lainnya.

Semut di rumah juga kerap bersarang di stopkontak listrik hingga mengakibatkan stopkontak tak berfungsi.  

Di toko, pasukan semut bisa merusak makanan dan minuman yang dijual. Bahkan, makanan dalam kemasan pun bisa dihajar oleh semut. 

Semut mampu melobangi kemasan plastik jajanan atau barang dagangan lainnya yang ada di toko. Bayangkan berapa kerugiannya jika produk yang kita jual dirusak oleh semut. Tentu sangat menjengkelkan.

Baca juga:Gunakan Bahan-Bahan di Dapur, Ini Cara Praktis Usir Tikus dari Rumah

Berikut 15 cara mengusir semut dari rumah atau toko seperti dilansir dari beberapa sumber:

1. Pakai kapur anti serangga

Coba gunakan kapur anti serangga untuk mengusir semut yang menganggu baik di rumah maupun toko. Sebab, kapur ini terbuat dari kalsium karbonat yang aromanya tidak disukai oleh semut atau serangga lainnya.

Cara pakainya mudah, gambar garis melingkar di sekitar titik masuk dan keluar lubang semut, seperti di bagian bawah tembok tempat banyak semut sering berkeliaran.

2. Gunakan bubuk cabe/lada/merica 

Caranya cukup mudah. Kita bisa menaburkan lada hitam bubuk atau cabe bubuk di pinggiran lantai. Aroma lada dan cabe yang panas dan pedas bisa membuat semut enggan naik ke permukaan. Sebab biasanya semut tidak menyukai bau pedas dan panas. 

3. Pakai garam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: