6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Sesuai Sunnah

6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Sesuai Sunnah

Ilustrasi rezeki-Tangkapan layar freepik.com-

2. Menjalin silaturahim

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasul shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim.” (HR. Bukhari, Muslim)

Imam Nawawi mengatakan, dilapangkan rezeki adalah diluaskan atau diperbanyak rezekinya. Bisa juga Allah berkahi rezekinya. 

Ibnu Hajar menjelaskan, silaturahmi dimaksudkan untuk kerabat, yaitu yang punya hubungan nasab, baik saling mewarisi ataukah tidak, begitu pula masih ada hubungan mahrom ataukah tidak.

Baca lagi:Ingin Rezeki Lancar dan Berkah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah Sarankan Perbanyak Istighfar dan Taubat

3. Memperbanyak sedekah

Allah Ta’ala berfirman, “Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).” Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba: 39)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim)

4. Bertakwa pada Allah

Allah Ta’ala berfirman, “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya, dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, takwa adalah seseorang beramal ketaatan pada Allah atas cahaya (petunjuk) dari Allah karena mengharap rahmat-Nya dan ia meninggalkan maksiat karena cahaya (petunjuk) dari Allah karena takut akan siksa-Nya. Tidaklah seseorang dikatakan mendekatkan diri pada Allah selain dengan menjalankan kewajiban yang Allah tetapkan dan menunaikan hal-hal yang sunnah. 

Baca juga:Doa Meminta Rezeki dan Selamat dari Penyakit Sesuai Sunah Nabi

5. Melakukan haji dan umrah

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak.” (HR. An-Nasai,Tirmidzi,Ahmad)

6. Memperbanyak doa minta rezeki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: