Promosikan Produk Unggulan Lokal, Galeri UMKM Indonesia Disambut Antusias

Promosikan Produk Unggulan Lokal, Galeri UMKM Indonesia Disambut Antusias

Antusias- Antusias para UMKM kenalkan produk unggulan khas daerah di galeri UMKM Indonesia yang berlangsung di Hotel Howard Johnson Pekalongan.-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

PEKALONGAN- Bantu promosikan produk lokal, galeri UMKM Indonesia yang digelar dalam momentum Word Sufi Assembly Conference 2023 di Pekalongan disambut antusias.

Kegiatan yang diikuti puluhan UMKM lokal dari Pekalongan hingga beberapa kota lain seperti Kendal, Jakarta hingga Jawa Barat ini berlangsung selama tiga hari yakni tanggal 29 hingga 31 Agustus 2023 di Hotel Howard Johnson Pekalongan.

"Galeri UMKM Indonesia ini bertepatan dengan momen Word Sufi Assembly Conference 2023 yang diinisiasi oleh teman-teman Kanzus Shalawat Pekalongan," ungkap Ketua galeri UMKM Habib Abu bakar Alatas melalui pelaksana kegiatan setempat, Endrias Tri Berlianto, ditemui dilokasi, Kamis (31/8/2023).

Dijelaskan, yang tergabung dalam galeri UMKM Indonesia kali ini ada sekitar 12 UMKM dari berbagai produk unggulan.

Dan kegiatan yang dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Drs. Teten Masduki ini, disambut antusias selama gelaran berlangsung.

"Alhamdulillah galeri berlangsung lancar dan penuh antusias," lanjutnya.

Salah satu peserta Galeri UMKM Indonesia stand Omah Kreatif Kampung Batik Kauman, Rifki, mengaku senang bisa bergabung menyemarakkan gelaran galeri UMKM Indonesia. 

"Alhamdulillah antusias para pengunjung dari berbagai negara dan Nusantara sempat singgah disini," katanya.

Menurutnya, lewat galeri UMKM Indonesia ini dirinya bisa mengenalkan produk asli Pekalongan berupa sarung batik kauman kepada para pengunjung yang notabene dari berbagai daerah dan negara tersebut.

"Icon sarung batik kaumanan ini yang coba kami kenalkan disini. Bahwa kita punya produk ciri khas Pekalongan. Alhamdulillah produk kita sudah banyak diambil sejauh ini," katanya.

Hal senada juga dirasa UMKM asal Kabupaten Kendal dari stand Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) dan Kesatuan Perempuan Pesisir Indonesia (KPPI) Kendal lewat kegiatan ini pihak nya ingin memperkenalkan produk lokal khas masyarakat Kendal.

"Alhamdulillah lewat kegiatan ini kami memperkalkan produk ibu-ibu pesisir UMKM Kendal. Tentu dengan tujuan produk UMKM Kendal dikenal luas," kata Ketua KPPI Kendal, Ribut Juarni.

Disamping itu, Ketua KNTI Kendal, Aini turut menyampaikan produk yang dipamerkan sendiri sebagian besar dari olahan laut. Seperti Ikan Asin, Kerupuk Petis, Ikan Wader, Terasi, Peyek Rebon hingga Batik dan lainnya.

"Sebagian dari pengunjung tertarik tentunya membeli produk olahan kami. Tentunya lewat kegiatan ini kami merasa senang disini kami tidak hanya menjual tapi lebih memperkenalkan produk lokal khas kami," tandasnya. (Ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: